Pembayaran Pajak Daerah, Bupati Sumbawa Teken MoU dengan Perbankan

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menandatangani Perjanjian Kerja sama antara Pemkab Sumbawa dengan dengan Pimpinan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Sumbawa. Terkait penyediaan layanan perbankan dalam penerimaan pembayaran pajak daerah menggunakan layanan BNI E-COLLECTION.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepakatan, antara Pemkab Sumbawa dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa. Tentang pengintegrasian data pertanahan dengan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Bupati menjelaskan, penandatanganan ini, merupakan implementasi dari amanat KPK dan BPK RI. Perihal pengintegrasian data antara Pemkab Sumbawa dengan Kantor Pertanahan, sebagai upaya optimalisasi penerimaan pajak daerah. Khususnya PBB-P2 dan BPHTB.

Dikatakan, kerja sama dengan Kantor Pertanahan melalui sistem informasi yang terintegrasi menjadi suatu keniscayaan, seiring perkembangan dan kemajuan daerah yang terus meningkat. “Ke depan, akan semakin banyak aktivitas peralihan hak atas tanah dan bangunan, pemerintah daerah dalam hal ini perlu melakukan langkah-langkah antisipasi. Salah satunya melalui sistem informasi yang terintegrasi, agar dapat dilihat secara real time dan mengurangi tingkat kebocoran penerimaan pajak,” sebutnya.

Kemudian, terkait perjanjian kerja sama dengan BNI, Bupati mengungkapkan, langkah tersebut merupakan bagian dari reformasi perpajakan. Ditandai dengan penyempurnaan sistem administrasi pembayaran pajak. Guna memberikan pelayanan prima bagi wajib pajak. “Dengan adanya layanan BNI E-COLLECTION ini, tentu dapat memberikan kemudahan kepada wajib pajak untuk dapat menghemat waktu, karena dapat membayar dan melaporkan pajaknya kapan dan dimana saja. Baik di rumah maupun di tempat kerja tanpa perlu menunda pekerjaan. Sehingga dapat mengoptimalkan potensi pendapatan asli daerah dari sektor pajak,” tambahnya.

Bupati juga bersyukur, perjanjian kerja sama antara Pemkab Sumbawa dengan PT. BNI terkait penyediaan layanan BNI E-COLLECTION dalam penerimaan pembayaran pajak daerah, telah mendapat persetujuan dari DPRD Kabupaten Sumbawa. (arn)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...