Dukung Usaha PKL, Pemda Bantu dengan Gerobak dan Etalase

0
Bupati KLU H. Djohan Sjamsu menyerahkan bantuan etalase secara simbolis kepada pedagang kaki lima, Selasa, 2 Agustus 2022. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU) terus meningkatkan upaya untuk mendukung usaha mikro masyarakat. Para pedagang PKL (pedagang kaki lima) yang tersebar di 5 kecamatan, dibantu dengan prasarana pendukung, seperti etalase, gerobak, dan cold box (kotak pendingin).

Plt. Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Lombok Utara, H. Haris Nurdin, Selasa, 2 Agustus 2022 mengungkapkan, pemberian prasarana pendukung kepada para PKL dimaksudkan untuk mendukung kelayakan usaha masyarakat. Pasalnya, para penerima bantuan rata-rata menjalankan aktivitas berjualan dengan modal minim.

“Bantuan ini untuk mendukung peningkatan ekonomi para pedagang kecil. Harapannya dengan pemberian bantuan ini, usaha pedagang kecil semakin lancar dan berkembang,” ucap Haris Nurdin.

Adapun bantuan yang diberikan meliputi, 70 unit etalase, 70 unit cold box dan  15  unit gerobak untuk para pedagang sate.

Bantuan ini diberikan setelah masyarakat mengajukan proposal kepada pemerintah. Para penerima berasal dari 5 kecamatan dengan sebaran tiap kecamatan disesuaikan dengan jumlah dan potensi pedagang PKL. Pemda juga tidak menutup peluang bagi para PKL lain yang menginginkan bantuan serupa, agar mengajukan permohonan melalui dinas.

Pemerintah dalam jangka panjang, akan terus memperbaiki program dan langkah-langkah untuk mendukung percepatan perkembangan ekonomi masyarakat. Bahkan ke depannya, pihaknya menginginkan setiap usaha masyarakat memiliki legalitas berupa nomor induk berusaha, sehingga masyarakat lebih mudah mengakses program pemerintah dari berbagai sumber baik perbankan, dinas maupun BUMN. (ari)