Dari Ponpes, Wirausaha Muda, hingga Seniman Binaan BI NTB Sabet Juara pada Fesyar KTI 2022

0
Peserta perwakilan dari KPwBI Provinsi NTB berhasil meraih gelar juara pada tiga perlombaan. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia (FESyar KTI) yang berlangsung dari tanggal 28 – 31 Juli 2022 terbilang sukses dan mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat khususnya di Kawasan Timur Indonesia. Rangkaian kegiatan FESyar ini sendiri meliputi dua kegiatan utama yaitu Sharia Forum (webinar dan talkshow) serta Sharia Fair (tabligh akbar, showcasing produk UMKM, lomba, dan business matching).

Sebagai salah satu bentuk partisipasi dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB (KPwBI Provinsi NTB) pada rangkaian kegiatan Sharia Fair dengan mengirimkan peserta perwakilannya pada berbagai kegiatan perlombaan yang diselenggarakan, mulai dari lomba pondok pesantren binaan, wirausaha muda syariah binaan, hingga seniman.

Sebagai hasilnya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB, Heru Saptaji menjelaskan, peserta perwakilan dari KPwBI Provinsi NTB berhasil meraih gelar juara pada tiga perlombaan, yaitu: Juara I Lomba Pondok Pesantren Unggulan yang dimenangkan oleh Pondok Pesantren Ulil Albab Nahdlatul Wathan, Juara I Lomba Wirausaha Muda Syariah yang dimenangkan oleh Sdr. Erwin Irawan (General Manager CV. Tri Utami Jaya); dan Juara II Lomba Syair dan Puisi Religi yang diberikan kepada  Arga Purnama dari Komunitas Akarpohon.

Gelar-gelar juara tersebut diumumkan pada akhir pelaksanaan berbagai kegiatan webinar dan talkshow  pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang berlangsung secara hybrid di beberapa daerah termasuk di Provinsi NTB. “Raihan gelar juara tersebut telah berhasil mempertahankan tradisi juara yang selalu diperoleh peserta perwakilan KPwBI Prov. Nusa Tenggara Barat dalam gelaran FESyar KTI setidaknya dalam empat tahun terakhir (2019 – 2022)” ujar Heru Saptaji (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB).

Kegiatan FESyar KTI 2022 sendiri secara resmi telah dibuka oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman, pada Kamis, 28 Juli 2022 lalu di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah FESyar KTI 2022. Mengambil tema “Penguatan Ekosistem Halal Daerah dalam Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan” FESyar KTI 2022 ini ditujukan untuk mendorong akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional sebagai arus baru ekonomi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkesinambungan.

Selain itu, penyelenggaraan FESyar kali ini merupakan rangkaian dari acara Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 di Jakarta. (bul)