Biaya Pilkada 2024, KPU Lotim Usulkan Hibah Rp 61,5 Miliar

0
Bupati KLU H. M. Sukiman Azmy menerima komisioner KPU Lotim, Selasa, 2 Agustus 2022. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim) mengusulkan hibah senilai Rp 61,5 miliar. Dana yang akan dipergunakan membiayai tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Usulan ini disampaikan KPU Lotim langsung ke Bupati, Selasa, 2 Agustus 2022.

Ketua KPU Lotim, Dr. M. Junaidi saat dikonfirmasi Suara NTB mengatakan biaya puluhan miliar itu sudah dihitung untuk membiayai seluruh tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 mendatang.

Menurut Junaidi, berdasarkan peraturan perundangan pengajuan usulan hibah ke Pemda ini tidak jauh.  Persiapan itu katanya, anggaran diusulkan kalau 20 bulan sebelum hari pelaksanaan.  Saat pemilihan kepala daerah ini beririsan dengan Pemilu, maka usulan pengajuan anggaran tidaklah terlalu jauh. Pasalnya, semua tahapan kegiatan itu butuh pendanaan seperti untuk kegiatan sosialisasi.

Ia menyampaikan pula pemilih di Kabupaten Lombok Timur berjumlah 936.000 lebih,  terhitung bulan Juli 2022. Jumlah tersebut jika diproyeksikan pada tahun 2024 bertambah menjadi 1 juta lebih dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 4.321.

Sebelumnya dalam rilis Bagian PKP Sekretariat Daerah Lotim, Hadi Fathurrahman,  Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menerima Ketua, Sekretaris, Divisi Teknis penyelenggara, Divisi SDM Sosialisasi dan Parmas, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU.  Silaturahmi berlangsung di Pendopo, Selasa, 2 Agustus 2022 membahas tahapan dan persiapan serta kesiapan Kabupaten Lombok Timur dalam Pemilu dan Pilkada Serentak mendatang.

Soal Rencana Anggaran Belanja Pemilihan Kepala Daerah Lotim akan mulai dianggarkan secara bertahap 2023 mendatang.

Bupati Lotim H. M. Sukiman Azmy berpesan kepada KPU Lotim untuk dapat memilih Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang berkualitas dalam aspek fisik, intelektual, dan psikologis agar pemilihan dapat berjalan dengan lancar, aman dan terkendali. (rus)