Atlet Pelajar NTB Terancam Tak Ikut Pra-Popnas 2022 dan Popnas 2023

Mataram (Suara NTB) – Atlet pelajar NTB terancam tak dapat ambil bagian di  Prakualifikasi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) bulan Oktober tahun 2022 dan Popnas tahun 2023. Hal ini menyusul  dukungan anggaran untuk pembinaan olahraga pelajar yang nyaris tak ada sama sekali.

Kabid Keolahragaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB, Anang Zulkarnain yang dikonfirmasi Suara NTB di Kantornya,  Selasa, 2 Agustus 2022 membenarkan bila anggaran pembinaan atlet pelajar NTB tahun ini tidak ada dan kalaupun dianggarkan jauh dari kata cukup. Minimnya dukungan anggaran tersebut kata Anang akan berdampak pada persiapan dan keikutsertaan atlet NTB di Pra-Popnas 2022 dan Popnas 2023.

“Anggaran untuk pembinaan atlet pelajar tahun ini  tidak ada.  Dan kalaupun ada tidak cukup untuk pembinaan atlet,” ucapnya.

Dijelaskan Anang, tahun ini Dispora NTB sebenarnya  memiliki dua agenda penting dalam rangka pembinaan atlet pelajar, yakni melaksanakan  Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda)  bulan Mei dan mengirim  atlet di Pra-Popnas bulan Oktober tahun 2022.

Sayangnya, penyelenggaraan Popda NTB yang dijadwalkan bulan Mei tak bisa digelar karena anggaran untuk Popda tidak ada. Padahal pihaknya sudah mengajukan anggaran kurang lebih Rp 2,5 Miliar untuk penyelenggaraan multi event olahraga tingkat pelajar itu.

“Popda NTB tahun ini tak bisa digelar karena kita (Dispora NTB-red) tidak ada anggaran. Kita sudah mengajukan anggaran  Popda tapi dihapus,” ujarnya.

Kegagalan NTB menggelar Popda tahun ini diakui Anang berdampak pada persiapan atlet mengikuti Pra Popnas dan Popnas tahun 2023. Sebab Popda merupakan ajang penjaringan serta mengukur kemampuan atlet yang akan disiapkan mewakili NTB di Pra-Popnas 2022 dan Popnas tahun 2023. “Kalau Popda nya tidak ada bagaimana kita bisa menyeleksi atlet  Pra-Popnas?” tanyanya.

Kegagalan Dispora NTB menggelar Popda diakui Anang juga berpengaruh pada persiapan NTB mengikuti Pra-Popnas tahun ini. Bahkan Anang NTB terancam tak bisa mengirim atlet di Pra-Popnas 2022  karena anggaran untuk mengirim atlet di Pra-Popnas belum jelas.

Ditambahkan Anang, keterbatasan anggaran pembinaan atlet pelajar tahun ini juga bakal mengancam keikutsertaan atlet NTB di Popnas tahun 2023. Bahkan Anang mengatakan atlet pelajar NTB terancam tak bisa ikut Popnas, karena memang Dispora NTB  tidak punya anggaran.

“Kalaupun dikirim Pra-Popnas  mungkin NTB hanya bisa mengirim satu cabor aja, karena anggaran tidak ada,” terangnya seraya menambahkan Pra-Popnas tahun ini mempertandingkan delapan cabor, yakni Tinju, Pencak Silat, Sepak Takraw, Bola Basket, Sepakbola, Tenis, Bola Voli dan Bulutangkis. (fan)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

0
Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berlangsung meriah, tak terkecuali PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang...

Latest Posts

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang...

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...