Yan Bahtiar Catat Sejarah Baru di Event Balap Sepeda Nasional

0
Yan Bahtiar (tengah) menerima hadiah usai menjuarai Kejuaraan Nasional Terbuka Balap Sepeda "Raja Gunung" di Bali belum lama ini. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Atlet balap sepeda NTB, Yan Bahtiar sukses menorehkan prestasi di dunia olahraga balap sepeda kancah nasional. Di usianya yang sudah kepala empat, atlet asal Kota Bima ini berhasil mencatat sejarah dengan mendulang medali emas di kategori Master pada Kejuaraan Nasional Terbuka balap sepeda “Raja Gunung”  yang digelar oleh Klub Ubung Academy di Bali, Minggu, 31 Juli 2022.

Yan yang mewakili Klub balap sepeda GKD (Gowes Ketemu Dijalan) tampil sebagai finis pertama dengan catatan waktu 01 jam, 50,47 menit mengalahkan atlet asal Klub Ubung Academy Bali, Agus Wilyam   dengan waktu 01 jam,  58,28 menit dan di peringkat tiga ditempati oleh Efran Ellen Bogen dari Australia dengan catatan waktu 02 jam, 00, 57 menit.

Diwawancara Suara NTB di Mataram,  Senin, 1 Agustus 2022,  atlet kelahiran, 10 September 1981  itu mengatakan bahwa prestasi  yang diukirnya di event nasional itu merupakan  pertama kali sepanjang ia mengikuti event balap sepeda. “Ini prestasi pertama saya di olah balap sepeda level nasional,” ucapnya.

Untuk diketahui, atlet asal Kelurahan Manggemaci, Kota Bima ini baru  pertama kali tampil di balapan sepeda jalan raya, semasa muda ia merupakan atlet atletik yang selalu menjuarai event nasional. Terkahir ia meraih medali emas di nomor 3.000  Halang Riintang tahun 2008.

Sukses  berbagai prestasi di nomor lomba lari level nasional, Yan beralih profesi sebagai atlet triathlon di tahun 2008.  Selama karirnya di triathlon, Yan sudah seringkali naik podium juara.

Namun khusus tahun ini, Yan malah beralih mengikuti event balap sepeda jalan raya. Dan di event “Raja Gunung” untuk pertama kalinya ia mendulang medali emas sekaligus mengharumkan nama daerah NTB di kategori master 60 Kilometer.

Di tempat terpisah, Ketua Tim Gowes Ketemu Dijalan (GKD), Abdul Aziz  mengatakan bahwa keberhasilan Yan Bahtiar meraih medali emas di event tersebut merupakan kebanggaan buat timnya. Pasalnya untuk pertama kalinya atlet NTB mampu meraih podium pertama di level nasional.

“Suatu kebanggaan buat tim kami karena atlet kami bisa membanggakan nama NTB di level nasional. Karena memang untuk pertama kalinya atlet balap sepeda NTB mampu bersaing di level nasional, dan menyumbang medali emas,” ujarnya.

Menurut Azis, keberhasilan atlet klub GKD) di event tersebut tidak lepas dari dukungan penuh dari Bank NTB Syariah yang sudah mensuport  kegiatan pembinaan atlet mulai dari segi biaya persiapan dan keberangkatan atlet mengikuti event nasional.

“Kami berterimakasih kepada Bank NTB Syariah yang sudah mendukung atlet balap sepeda NTB dalam rangka mengikuti kejuaraan nasional,” ucapnya.

Ia berharap kedepannya pemerintah juga dapat ikut mendukung penuh anggaran untuk pembinaan atlet balap sepeda di NTB, sehingga  atlet yang sudah meraih prestasi  bisa terus meningkatkan prestasi di event yang akan datang. (fan)