Tiket ’’Mandalika Track Walk’’ Dinilai Kemahalan

0
Event Mandalika Track Walk mendapat sambutan positif dari masyarakat. Namun harga tiket yang dinilai kemahalan menjadi salah satu yang dikeluhan masyarakat. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Sejak awal bulan Juli kemarin, Pertamina Mandalika International Circuit telah dibuka untuk umum melalui event Mandalika Track Walk. Di mana masyarakat umum bisa merasakan sensasi berolahraga, seperti jogging maupun bersepeda di sepanjang lintasan sirkuit Mandalika. Event tersebut pun disambut antusias masyarakat. Namun harga tiket yang dinilai kemahalan menjadi salah satu yang dikeluhan masyarakat.

Pihaknya Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan The Mandalika serta Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) sebagai pengelola sirkuit internasional Mandalika diminta untuk menurunkan harga tiket Mandalika Track Walk, supaya lebih bersahabat.

“Memang banyak keluhan soal tiket Mandalika Track Walk yang dinilai terlalu mahal. Jadi mungkin perlu diturunkan, supaya lebih bersahabat,” ungkap Leja Kodi, perwakilan travel agent, saat Mandalika Track Walk Experience, bersama ITDC dan perwakilan pemerintah, BUMN, asosiasi pariwisata, perhotelan dan awak media, di area paddock sirkuit internasional Mandalika, Senin, 1 Agustus 2022.

Diakuinya, event Mandalika Track Walk sendiri mendapat sambutan positif dari masyarakat. Termasuk wisatawan yang berlibur di daerah ini. Di mana saat ini kawasan Mandalika khususnya sirkuit Mandalika menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Selain kawasan tiga gili, terutama Gili Trawangan.

Hanya saja, memang harga tiket yang dinilai mahal terkadang membuat wisatawan urung datang atau berkunjung ke sirkuit Mandalika. “Seandainya harga tiket bisa diturunkan, tentu antusiasme masyarakat untuk mengikuti Mandalika Track Walk akan semakin tinggi,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap bagi travel agent bisa diberikan diskon khusus tiket Mandalika Track Walk. Supaya travel agent semakin bersemangat mempromosikan event Mandalika Track Walk. Bahkan bila perlu event tersebut bisa dijadikan salah satu menu yang ditawarkan kepada wisatawan.

Terkait harga tiket Mandalika Track Walk tersebut, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo, mengatakan sudah melalui kajian yang mendalam. Dengan mempertimbangkan semua aspek yang ada. Mulai dari aspek biaya perawatan hingga operasional sirkuit sendiri. Karena ketika event Mandalika Track Walk sejumlah fasilitas sirkuit dioperasikan dan jelas itu butuh biaya operasional.

“Kita sebenarnya ragu-ragu untuk membuka sirkuit internasional Mandalika untuk masyarakat umum. Tapi karena banyak desakan, akhirnya kita membuka untuk umum. Harapanya, masyarakat bisa menikmati sensasi berada di sirkuit. Tapi tentu dengan standar keamanan yang sudah ditentukan,” jawabnya.

Arie mengaku pasar untuk event Mandalika Track Walk ini memang kalangan menengah keatas. Jadi harga tiketnya sedikit lebih mahal. Hal ini juga untuk menjaga kualitas event yang diselenggarakan serta pelayanannya.  Mengingat status sirkuit Mandalika yang merupakan sirkuit internasional, jadi kualitas pelayanan juga sesuai standar internasional.

Soal kemudian ada diskon harga untuk travel agent, Arie mengaku semua bisa dibicarakan. “Kalau soal diskon harga tiket bagi travel agent silahkan saja dibicara dengan pengelola. Tapi kalau bicara menurunkan harga tiket, dengan berbagai pertimbangan yang sudah diambil agak sulit,” tandasnya.

ITDC sendiri telah menetapkan harga tiket untuk event Mandalika Track Walk sebesar Rp 150 ribu bagi Warga Negara Indonesia (WNI) serta Rp 200 ribu untuk Warga Negara Asing (WNA). Sementara untuk akhir pekan harga tiket menjadi Rp 200 ribu bagi WNI dan Rp. 300 ribu untuk WNA. Mandalika Track Walk sendiri digelar setiap hari  mulai pukul 06.00 -09.00 Wita. Sedangkan khusus untuk akhir pekan, Sabtu dan Minggu, kegiatan sore hari dibuka mulai pukul 16.30-18.00 Wita. (kir)