Sejumlah Parpol Mendaftar ke KPU di Hari Pertama

Mataram (Suara NTB) – Pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024 ke KPU sudah resmi dibuka Senin 1 Agustus sampai dengan tanggal 14 Agustus 2022. Pendaftaran dilakukan terpusat di KPU RI oleh masing-masing pengurus DPP partai.

Diketahui berdasarkan surat permohonan dan informasi yang disampaikan kepada KPU melalui helpdesk pendaftaran parpol. Ada sembilan partai politik yang akan melakukan pendaftaran pada hari pertama tanggal 1 Agustus.

Sembilan Parpol tersebut adalah PDI Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Reformasi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai NasDem, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Gelora dan Partai Buruh.

Sampai dengan pukul 10:00 WIB, sudah ada lima partai politik yang terpantau sudah melakukan pendaftaran ke KPU pada hari pertama pendaftaran dibuka. Dari siaran pers yang disampaikan KPU RI, partai pertama yang datang melakukan pendaftaran yakni PDI-Perjuangan, pada pukul 07:56 WIB kemudian selanjutnya diikuti oleh PKP, PKS, Partai Reformasi dan Partai Prima.

Anggota KPU NTB, bidang teknis, Zuriati mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan pengetahuan dari KPU RI terkait dengan berapa total jumlah parpol yang sudah melakukan pendaftaran pada hari pertama tersebut. Sebab meskipun sudah sembilan parpol yang mengajukan diri di hari pertama, tidak tertutup kemungkinan bisa bertambah.

Lebih jauh disampaikan Zuriati bahwa untuk teknis pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024. Dilakukan terpusat di KPU RI oleh pengurus DPP partai masing-masing. Sehingga dipastikan tidak ada pendaftaran di KPU daerah oleh pengurus parpol di daerah. “Pendaftaran hanya dilakukan oleh DPP Parpol di KPU RI. KPU Provinsi dan kabupaten/kota hanya akan melakukan verifikasi administrasi dan faktual untuk pengurus parpol di daerah nanti,” jelasnya.

Dikatakan Zuriati juga jika menemui kendala dan masalah terkait dengan teknis pendaftaran parpol peserta pemilu 2024 di Sipol. KPU sudah menyiapkan Helpdesk untuk melayani dan memfasilitasi parpol. “Help Desk juga sudah dibentuk di KPU Provinsi dan kabupaten/kota untuk melayani konsultasi pengurus parpol di daerah terkait dengan tekhnis pendaftaran dan verifikasi,” pungkasnya. (ndi)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...