NTB Siap Gunakan Aplikasi Srikandi

0
Sekda NTB H. Lalu Gita Ariadi membuka Bimtek Implementasi E-Arsip Terintegrasi di Lingkup Pemprov NTB dan Kabupaten/Kota se-NTB di Hotel Golden Palace Mataram, Senin, 1 Agustus 2022. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – NTB bersiap menggunakan Aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). Aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi yang semula  dinamai SiMAYA yang telah ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dan saat ini telah dikembangkan oleh Arsip Nasional RepubIik Indonesia (ANRI). Pengembangan ini untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online dan terintegrasi.

Terkait hal ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB dan ANRI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi E-Arsip Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-NTB di Hotel Golden Palace Mataram, Senin, 1 Agustus 2022. Kegiatan ini dibuka langsung Sekda NTB Drs. H. L. Gita Ariadi, M.Si.

Sekda NTB dalam sambutannya, berterima kasih kepada ANRI yang telah membantu Pemprov NTB agar  Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Penerapan Srikandi dengan berbagai kondisinya.

Dalam kesempatan tersebut  Sekda juga menjelaskan, masyarakat Indonesia pada umumnya masih memegang budaya tutur, sehingga menjadi pekerjaan rumah bersama untuk mentransformasikan ke dalam budaya tulis yang harus dilestarikan dengan sistem arsip yang baik.

“Bagaimana budaya tutur harus ditransformasikan ke budaya tulis yang harus dilestarikan dengan sistem arsip yang baik,” sarannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB Drs. Tri Budiprayitno menjelaskan, Bimtek yang digelar ditargetkan dapat membuat NTB siap menggunakan Aplikasi Srikandi saat ulang tahun NTB 17 Desember mendatang.  Aplikasi Srikandi ini sendiri harus digunakan di seluruh Indonesia paling lambat Januari 2023 mendatang.

“Teman-teman kita tetap harus semangat untuk kejar target. Ini akan jadi kado ulang tahun NTB 17 Desember nanti,” tandas mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) NTB ini. (r)