Jemaah Haji Kota Mataram Tiba

0
Sejumlah 393 jemaah dan petugas haji tiba di Asrama Haji, Senin, 1 Agustus 2022. Jemaah langsung menjalani pemeriksaan kesehatan rapid antigen.

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah 393 Jemaah haji dan petugas haji asal Kota Mataram telah tiba di Lombok. Para jemaah langsung menjalani pemeriksaan kesehatan tes cepat atau rapid antigen corona virus disease atau Covid-19.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, H. Muhammad Amin menyampaikan, sejumlah 393 Jemaah dan petugas haji Kota Mataram tergabung dalam kloter utuh telah tiba di Lombok. Para Jemaah tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid di Kabupaten Lombok Tengah sekitar pukul 07.50 Wita. Kemudian, langsung dibawa ke Asrama Haji Loang Baloq, di Kelurahan Tanjung Karang. “Alhamdulillah, Jemaah haji kita tadi mendarat pukul 07.50 Wita di BIL,” kata Amin dikonfirmasi, Senin, 1 Agustus 2022.

Keluarga dari salah seorang jamaah haji Kota Mataram memeluk jamaah haji yang baru tiba di Asrama Haji Loang Baloq.

Sesuai prosedur kesehatan lanjut Amin, para Jemaah langsung menjalani pemeriksaan kesehatan tes cepat Covid-19. Meskipun belum mendapatkan hasil secara keseluruhan, tetapi para jemaah tidak ada yang terindikasi mengalami gejala Covid-19. Mereka langsung pulang ke kediaman masing-masing. Hasil pemeriksaan kesehatan nantinya akan dikoordinasikan oleh petugas KKP akan berkoordinasi dengan Kemenag dan Dinas Kesehatan.

Bagi jemaah yang reaktif akan ditangani di puskesmas terdekat dan diminta isolasi mandiri. “Jemaah kita ini lelah dan mereka akan isolasi mandiri sendiri, karena sekian lama menjalankan ibadah. Diminta isoman sebulan saja mereka pasti bersedia saking lelahnya,” jawab Amin.

Ia mengakui, secara keseluruhan para Jemaah maupun petugas haji dalam kondisi sehat, kecuali jemaah yang lanjut usia. Sementara itu, lima Jemaah yang tergabung dalam kloter campuran atau kloter V akan tiba di Lombok pada 6 Agustus pekan ini. Dan, satu Jemaah masuk kloter VI akan tiba di Tanah Air pada tanggal 8 Agustus. (cem)