Jelang WSBK, Lintasan Sirkuit Mandalika Diperbaiki

0
Sirkuit Mandalika dengan pemandangan alam yang menakjubkan diunggah oleh MotoGP Official (Suara NTB/Instagram MotoGP)

Praya (Suara NTB) Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola Pertamina Mandalika International Circuit akan melakukan perbaikan kembali terhadap aspal lintasan balap sirkuit tersebut dalam waktu dekat ini. Perbaikan dilakukan untuk memastikan perhelatan event World Superbike (WSBK) pada 11-13 November mendatang bisa berjalan dengan baik. Technical and Operation Director MGPA, Samsul Purba, mengatakan hal tersebut kepada wartawan, Senin, 1 Agustus 2022.

Dihubungi disela-sela kegiatan Mandalika Track Walk Experience, bersama ITDC dan perwakilan pemerintah, BUMN, asosiasi pariwisata, perhotelan dan awak media, di area paddock sirkuit internasional Mandalika, Senin, 1 Agustus 2022, Samsul Purna mengatakan, perbaikan harus dilakukan mengingat ada beberapa bagian lintasan yang aspalnya terkelupas. Sehingga harus dibongkar dan diaspal ulang. ‘’Tapi tidak semua akan dibongkar dan diperbaiki. Hanya di beberapa titik saja,’’ terangnya.

Menurutnya, perbaikan aspal lintasan sirkuit internasional Mandalika tersebut merupakan salah satu rekomendasi dari Dorna selaku penyelenggara WSBK serta FIM selaku regulator. Sehingga mau tidak mau harus dilakukan. Demi lancarnya event WSBK mendatang.

Kapan perbaikan akan dilakukan? Purba menegaskan segera. Pihaknya tengah menyusun jadwal kegiatan perbaikan aspal lintasan sirkuit di bulan September mendatang. Dan, selama proses perbaikan berlangsung sirkuit internasional Mandalika bakal ditutup untuk kegiatan apapun.

Mengingat saat ini di sirkuit internasional Mandalika tengah ada kegiatan Mandalika Track Walk, sejak awal bulan Juli lalu. Dengan begitu selama perbaikan lintasan sirkuit dilakukan event Mandalika Track Walk sementara tidak digelar. ‘’Jadi bulan September sirkuit Mandalika akan kita tutup untuk keperluan perbaikan aspal lintasan sirkuit,’’ imbuhnya.

Pihaknya menargetkan sebulan sebelum event WSBK berlangsung perbaikan aspal lintasan serta persiapan sirkuit secara umum sudah selesai. Dengan begitu persiapan event tinggal fokus pada persiapan diluar persiapan sirkuit. ‘’Target kita sebulan sebelum WSBK atau dibulan Oktober, sirkuit internasional Mandalika sudah siap menggelar event WSBK,’’ tandasnya.

Ia menegaskan, secara umum sirkuit internasional Mandalika sudah siap menggelar event apapun, termasuk WSBK. Tapi bagaimanapun perbaikan-perbaikan tetap diperlukan. Untuk memastikan semua fasilitas penunjang sirkuit dalam kondisi prima. Mulai dari lintasan balapnya hingga fasilitas penunjang lainnya, termasuk fasilitas untuk penonton. (kir)