Gelar Track Walk Bersama Mitra, ITDC Optimis Kawasan The Mandalika akan Semakin Berkembang

0

Praya (Suara NTB) – PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika bersama Mandalika Grand Prix of Association (MGPA) dan Xplorin, menggelar Mandalika Track Walk Experience, Senin (1/8) kemarin. Pada event yang diikuti perwakilan BUMN, asosiasi pariwisata, perhotelan, awak media, pemerintah daerah, dan komunitas local, peserta berkesempatan untuk menikmati sensasi berolahraga, dengan jalan kaki, berlari maupun bersepeda di lintasan sirkuit.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo, Direktur Teknik dan Operasi MGPA, Samsul Purba dan Direktur Utama Xplorin, Gemma Pratama, turut serta mencoba lintasan sirkuit. “Kami menyelenggarakan kegiatan ini bagi pemangku kepentingan agar mereka dapat mengetahui dan merasakan pengalaman berolahraga di sirkuit Mandalika,” sebut Arie.

Ia menegaskan sirkuit Mandalika tidak hanya dapat digunakan untuk event balapan saja. Tapi utuk berbagai macam aktivitas dan event lainnya. Dengan begitu ke depan diharapkan akan semakin banyak penyelenggara event memilih kawasan ini sebagai lokasi venue kegiatan.

Mandalika Track Walk  yang dikembangkan oleh MGPA dan Xplorin yang merupakan produk dari umbrella brand Mandalika Xperiences bertujuan memberikan layanan bagi masyarakat luas untuk berkunjung dan berolahraga di sirkuit Mandalika. Apakah itu berjalan kaki, berlari maupun bersepeda.

Direktur Utama Xplorin Gemma Pratama, menambahkan, diselenggarakan sejak 1 Juli lalu Mandalika Track Walk nyatanya mendapat atensi yang luar biasa dari masyarakat. Selama masa soft opening di bulan Juli lalu, tercatat sudah ribuan peserta yang ikut mendaftar. Dengan 50 persen diantaranya berasal dari luar NTB. Terbanyak dari wilayah DKI Jakarta, sekitar 32 persen. Sementara 50 persen sisanya berasal dari NTB.

“Dan, setelah disurvei hampir semua responden survei menyatakan ingin datang kembali untuk mengikuti Mandalika Track Walk,” sebutnya. Sehingga pihaknya optimis kegiatan tersebut dapat menarik semakin banyak pengunjung ke kawasan The Mandalika. Yang berarti pula bisa mendorong kawasan The Mandalika unuk semakin berkembang.

Dibuka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.30 – 09.00 Wita, dan hari Sabtu dan Minggu, ada penambahan waktu di sore hari yaitu pada pukul 16.30 – 18.00 Wita, masyarakat dapat mendaftar dan melakukan pembayaran tiket secara online melalui aplikasi Xplorin. Dengan harga Rp 150.000 per orang untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Rp 250.000 per orang untuk Warga Negara Asing (WNA) berlaku untuk hari Senin-Jumat.

Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu, tiket dapat dibeli dengan harga Rp200.000 per orang untuk WNI dan Rp 300.000 per orang untuk WNA. “Pembelian tiket melalui aplikasi Xplorin ini sangat mudah karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan sistem pembayaran yang beragam,” sebutnya seraya menambahkan, pihaknya juga dapat melayani kebutuhan pengunjung yang ingin datang secara rombongan atau dari institusi.

Ke depan, tambah Arie, ITDC juga akan terus menyiapkan program-program menarik lainnya seperti Mandalika Circuit Tour, pengalaman riding bersama pembalap, Safety Riding di track dan lainnya. Itu semua dilakukan untuk memenuhi minat masyarakat untuk datang dan merasakan atmosfer sirkuit Mandalika. Dan, sirkuit Mandalika bisa menjadi salah satu pemicu perkembangan ekonomi di daera h ini. (kir)