Di Lobar, Banyak Parpol Belum Konfirmasikan Pengurusnya

0
KPU Lobar mulai melakukan persiapan menghadapi pemilu, salah satunya mensosialisasikan PKPU Nomor 2 tahun 2022, Senin, 1 Agustus 2022.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) mulai melakukan persiapan jelang pemilu 2024. Salah satu yang dilakukan, KPU mengadakan sosialisasi Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2024, Senin, 2 Agustus 2022. KPU menyebut masih banyak parpol belum mengkonfirmasi kepengurusannya ke KPU Lobar.

Sosialisasi Peraturan KPU tersebut melibatkan Bawaslu Kabupaten Lobar, Pemkab jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Partai Politik calon peserta Pemilu, media massa dan instansi terkait lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Lobar, Bambang Karyono mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti KPU Lobar di Jakarta pada 23-25 Juli 2022 yang lalu. “Tujuannya untuk menyamakan persepsi dan pemahaman semua unsur yang terlibat dalam Pemilu tentang Peraturan KPU No. 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Peserta Pemilu Tahun 2024,” ujar Bambang.

Ketua KPU menghimbau agar seluruh pihak turut bekerjasama menyukseskan tahapan Pemilu 2024 yang sudah memasuki masa persiapan pendaftaran Partai Politik. Dia juga menginformasikan bahwa KPU terbuka bagi semua pihak mulai dari pemerintah maupun parpol yang ingin berkonsultasi terkait tahapan dan jadwal Pemilu mendatang. “Kami himbau agar kita semua mempedomani PKPU No 4 Tahun 2022 ini dalam hal pelaksanaan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan Parpol peserta Pemilu tahun 2024 mendatang,” ujarnya.

Ditambahkan Bambang, sejauh ini dari informasi yang diperolehnya ada 38 parpol yang mendaftar di KPU RI. Dan sejauh ini, dari 38 parpol itu masih banyak yang belum mengkonfirmasi ke kami keberadaan kepengurusannya di Lobar. “Dari 38, baru 12 parpol yang mengkonfirmasi.

Dalam kesempatan itu, Bambang juga mengingatkan agar partai politik menyiapkan siapa yang akan menjadi penghubung dari partai ke KPU. “Karena itu penting, maka harus disiapkan penghubung parpol ke KPU untuk mempermudah komunikasi,” harapnya. Dia berpesan kepada para pengurus partai politik untuk menyiapkan keanggotaan yang berkualitas dan keanggotaan yang memiliki Sense untuk membangun demokrasi di Lobar. (her)