Sambut Tahun Baru Islam, Warga NU Loteng Gelar Doa Bersama

Praya (Suara NTB) – Tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, Sabtu, 30 Juli 2022, disambut warga Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dengan menggelar wirid dan doa bersama di halaman pendopo Bupati Loteng. Dihadiri Bupati Loteng, H. Lalu Pathul Bahri, puluhan pemuka agama dan tokoh NU Loteng lainnya.

Kegiatan kemudian ditutup dengan pawai ta’aruf yang diikuti sekitar 10 ribu santri dari ratusan pondok pesantren NU di Loteng. Kegiatan pawai ta’aruf dimulai dari depan Ponpes Manhalul Ulum Praya berkeliling Kota Praya dan berakhir di bencingah Adiguna Praya. Selain melantunkan dzikir, para peserta pawai juga terus mengibarkan bendera NU selama pawai. Sejumlah ruas jalan yang dilalui peserta pawai pun sempat dibuat macet. Aparat keamanan harus dibuat bekerja keras untuk mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan parah.

Bupati Loteng yang juga Ketua Tanfiziah PCNU Loteng, H. Lalu Pathul Bahri mengatakan kalau kegiatan pawai ta’aruf tersebut guna menyambut sekaligus memeriahkan datangnya tahun baru Islam. Di mana sedikitnya ada 383 ponpes di luar madrasah dan lembaga pendidikan yang turut ambil bagian. Dengan masing-masing mengirim minimal 60 orang pesert hingga 100 orang. “Kegiatan ini nyatakan disambut dengan sangat antusias,” sebutnya.

Ia menegaskan, kedepan kegiatan menyambut tahun baru Islam akan digelar lebih semarak dan meriah. Bahkan bila perlu juga digelar takbiran dan tahlil di semua ponpes, mushala dan masjid layaknya meyambut Idul Fitri dan Idul Adha.

“Kita tetap memuliakan datangnya tahun baru Islam dengan hal-hal yang bersifat religius,” ujarnya. Menurutnya, kegiatan-kegiatan perayaan hari-hari besar keagamaan bukan tidak bermanfaatnya. Selain media edukasi, kegiatan-kegiatan tersebut juga menjadi bagian dari syiar agama.

Terpisah, Kasubag TU Kementerian Agama (Kemenag) Loteng, H.Hambali selaku panitia kegiatan mengatakan, total ada sekitar sebanyak 9.800 santri yang sudah masuk list sebagai peserta. Namun nyatanya yang datang jauh lebih banyak. Sehingga pihaknya memperkirakan ada lebih dari 10 ribu santri yang turut menyemarakkan kegiatan perayaan menyambut tahun baru Islam kal ini.

“Antusiasme santri dan para gurunya luar biasa. Hal itu terlihat dari membludaknya peserta pawai ta’aruf khususnya. Padahal kegiatan ini dilaksanakan secara swadaya. Ini semua berkat dukungan pimpinan ponpes dan pemerintah daerah,” tutupnya. (kir)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

0
Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berlangsung meriah, tak terkecuali PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang...

Latest Posts

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang...

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...