Kebakaran di Gili Trawangan, Hanguskan 64 Kamar Vila dan Tiga Gudang

0
Vila Oceano Resort Jambu Luwuk terbakar. Lebih dari setengah property milik resort itu hangus. Hanya sebagian kecil barang-barang yang berhasil diselamatkan. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Kebakaran kembali terjadi di Dusun Gili Trawangan, Sabtu, 30 Juli 2022. Cuaca panas ditambah angin di wilayah pesisir menyebabkan kebakaran yang terjadi sekitar pukul 19.00 WITA itu, menghanguskan 64 unit kamar serta tiga gudang milik Oceano Resort Jambu Luwuk.

Informasi yang dihimpun koran ini, jumlah property yang hangus terbakar  sebanyak 64 kamar vila, dan tiga kamar yang berfungsi sebagai gudang. Dilaporkan satu orang karyawan Oceano Resort Jambu Luwuk mengalami cidera.

Oceano Resort Jambu Luwuk, diketahui terletak di lahan tepi pantai seluas 2,5 hektar di bagian utara Gili Trawangan dengan jumlah kamar sebanyak 95 lokal dan 1 lokal diperuntukkan untuk office. Resort ini sendiri dimiliki oleh pengusaha asal Jakarta.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, kebakaran diduga disebabkan oleh arus pendek listrik. Kronologi kejadian, sekitar pukul 19.00 Wita, api diduga berasal dari bagian belakang bangunan vila dan merembet ke bagian depan karena pengaruh arah angin dan bahan yang mudah terbakar.

Pada saat terjadinya kebakaran, tamu yang berada di Oceano Resort Jambu Luwuk Langsung dievakuasi menuju lokasi yang aman yaitu di pinggir pantai.

Di saat bersamaan, para staf hotel dibantu oleh masyarakat sekitar, berusaha memadamkan api dengan menggunakan tabung pemadam kebakaran, air dari kolam dan peralatan seadanya karena tidak adanya petugas / unit pemadam kebakaran di wilayah Gili Trawangan. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 21.30 Wita.

Dari peristiwa itu, nominal kerugian Oceano Resort diperkirakan mencapai Rp 5 miliar. Sementara, korban jiwa tidak ada.

Sementara Kabid Darlog BPBD Lombok Utara, Darsidep Banyuaji dalam laporannya menyebutkan lokasi kebakaran jauh dari pemukiman penduduk, sehingga dapat dipastikan tidak ada rumah penduduk yang  terkena kebakaran tersebut.

“Pemadaman api dilakukan secara gotong royong oleh pegawai hotel dan masyarakat sekitar lokasi kejadian,” ucap Darsidep.

Pihaknya mengakui, kebakaran bermula dari percikan api di belakang Resort Oceano lalu menjalar ke atap alang-alang Resort Oceano Jambu Luwuk hingga api melalap seluruh bangunan dan meluas ke Hotel Edenia yang berdampingan dengan Oceano.

Sementara itu, Kadis Sosial NTB, Dr.H.Ahsanul Khalik dikonfirmasi Minggu, 31 Juli 2022 mengatakan, pihak Dinas Sosial NTB menurunkan timnya dan Tagana ke lokasi kejadian. Dari laporan tim yang diturunkan katanya, bantuan yang yang dibutuhkan adalah bantuan tenaga untuk melakukan pembersihan sisa-sisa kebakaran.

‘’Saat ini bantuan yang dibutuhkan, pihak hotel membutuhkan bantuan tenaga untuk melakukan pembersihan puing-puing sisa kebakaran dan penyelamatan barang-barang yang terhindar dari kebakaran,’’ ujarnya. (ari)