Dinas Pertanian Loteng Tutup Pasar Hewan Batunyala, Puluhan Ternak Ditemukan Positif PMK

Praya (Suara NTB) – Jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mengambil langkah tegas dengan menutup paksa aktivitas di pasar hewan mingguan Batunyala Desa Batunyala Kecamatan Praya Tengah, Sabtu, 30 Juli 2022. Tindakan tegas ini sebagai tindak lanjut atas sikap membandel masyarakat yang sepekan sebelumnya, kembali beraktivitas di pasar hewan tersebut. Padahal status pasar hewan masih ditutup oleh pemerintah.

Tidak hanya itu, Dinas Pertanian setempat juga melakukan pemeriksaan terhadap ternak yang datang ke lokasi pasar. Hasilnya, ditemukan sekitar 40 ekor ternak sapi dan kerbau yang dinyatakan positif terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Ternak yang terjangkit PMK tersebut ada yang berasal dari dari wilayah Loteng dan luar Loteng.

Sikap tegas Dinas Pertanian Loteng yang menutup Pasar Hewan Batunyala tersebut sempat menuai reaksi dan penolakan dari para pedagang maupun pemilik ternak di pasar setempat. Mereka pun meminta pemerintah mengizinkan pasar hewan buka untuk kali ini saja. Mengingat, masyarakat dan pedagang sudah telanjur datang dan berjanji tidak akan datang lagi pekan depan sampai status pasar hewan benar-benar telah dibuka.

Namun desakan tersebut tidak membuat Dinas Pertanian Loteng bergeming yang tetap kepada keputusan awal untuk tidak mengizinkan aktivitas pasar hewan dibuka. Karena masih dalam situasi penyebaran PMK. “Ini keputusan pemerintah. Jadi harus dijalankan,” tegas Kepala Dinas Pertanian Loteng, Taufikurrahman PN, di hadapan masyarakat dan pedagang.

Dikatakannya, langkah menuntup pasar hewan merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah. Dalam rangka mencegah penyebaran PMK terhadap ternak di daerah ini yang sampai saat ini masih berlangsung dan, itu semua dilakukan demi kebaikan bersama.

Pihaknya dalam hal ini tidak melarang pedagang berjualan di area pasar. Tetapi melarang aktivitas jual beli hewan ternak, karena dikhawatirkan itu akan berpotensi menjadi pemicu penyebaran PMK yang saat ini sudah mulai melandai. Jangan sampai karena aktivitas jual beli ternak sudah dibuka, justru bisa memicu gelombang penyebaran PMK kembali.

“Pedagang yang mau berjualan selain hewan ternak, silakan tetap berjualan. Tapi kalau untuk jual beli hewan ternak tidak diperbolehkan,” tegasnya.

Sementara itu sejak pagi petugas kesehatan Dinas Pertanian Loteng bersama aparat keamanan sudah mulai bersiaga di area pasar. Memasuki waktu siang, masyarakat yang membawa ternak mulai berdatangan. Satu demi ternak kemudian diperiksa kondisi kesehatannya oleh petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian Loteng. Pemilik ternak juga ikut didata untuk selanjutnya diminta putar balik.

Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan sekitar 40 ekor ternak yang dinyakan positif terjangkit PMK. Terhadap hewan ternak yang ditemukan positif PMK yang berasal dari wilayah Loteng, akan ditelusuri oleh tim kesehatan dari Dinas Pertanian Loteng. Sedangkan hewan ternak yang berasal dari luar Loteng datanya akan disampaikan pemerintah daerah setempat untuk ditelusuri dan ditangani. (kir)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

0
Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berlangsung meriah, tak terkecuali PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang...

Latest Posts

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang...

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...