Hindari Hal ini Agar Motor Matic Anda Tak Turun Mesin

0

Mataram (suarantb.com) –Mungkin sebagian orang sering mengganggap sepele pada perawatan rutin yang wajib dilakukan bagi motor Honda miliknya. Durasi wajib perawatan normalnya dilakukan pada masa 3 bulan sekali atau bila menghitung jarak tempuh pemakaian pada kelipatan 2.000 km.

Sejatinya bila Anda rutin melakukan servis mesin motor Honda kesayangan Anda, motor tersebut dapat awet dan berumur panjang. Jadi kedepannya bila ingin dijual, harganya tetap tinggi atau tidak terjun bebas.

Telat ganti oli
Telat ganti oli mesin permasalahan yang paling umum yang sering terjadi pada pengguna motor matic. Mundurnya jadwal penggantian oli membuat kualitas dan volume oli mesin berkurang. Akibatnya suara mesin kasar dan cepat panas. Bila dibiarkan jangka panjangnya beberapa komponen bisa hancur. Seperti piston akan mengunci dan tidak bisa dihidupkan sama sekali.
Jarang melakukan servis besar
Jarang atas malas melakukan servis besar bisa menjadi penyebab motor turun mesin. Sepeda motor membutuhkan servis besar minimal sekali dalam setahun. Setidaknya membersihkan kerak-kerak yang menumpuk di bagian pembakaran mesin. Bila terlalu abai bisa berdampak pada kerusakan di beberapa komponen.

Modifikasi tidak sesuai standar
Istilah paling umum yakni tune-up atau bore-up. Memperbesar kapasitas silindar memiliki resiko turun mesin lebih tinggi. Apalagi tidak diimbangi dengan penyesuaian pada bagian lain. Bahasa sederhananya, motor yang dipaksa naik kecepatannya atau cc-nya, membuat part mesin bekerja ekstra sehingga membuat mesin cepat rusak.

Usia penggunaan sepeda motor
Semakin sering motor dipakai maka kilometer bertambah. Jadi jangan heran jika motor tua perlu bongkar mesin, karena part/ komponen di dalam mesin sudah mulai aus. Biasanya motor yang telah melewati kilometer 30.000 atau telah dipakai lebih dari 3 tahun sudah mulai rewel minta perbaikan pada bagian mesin.

Service Advisor (SA) Bengkel Astra Motor Brawijaya Ashabul Kahfi mengatakan agar tak berdampak turun mesin, maka lakukanlah servis mesin motor secara berkala dan rutin. Agar biaya yang dikeluarkan juga sekali servis tidak membludak karena harus banyak mengganti sparepart yang rusak akibat lama tak melakukan servis.

“Bengkel AHASS Astra Motor tetap melayani konsumen pada hari libur seperti hari Minggu dan tanggal merah, hanya saja waktu operasionalnya menjadi lebih singkat yaitu hanya buka setengah hari saja sampai jam 2 siang,” kata Kahfi.(bul)