BCA Senantiasa Berikan Pendampingan Eksklusif bagi Desa Wisata Bilebante

0

Praya (suarantb.com) – Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini berangsur pulih melalui berbagai sektor bisnis, tidak terkecuali melalui sektor pariwisata yang turut mendongkrak perekonomian.

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai bagian dari perekonomian nasional pun turut hadir memberikan kontribusi salah satunya melalui program desa wisata. Terbaru, BCA menghadirkan pelatihan “Menciptakan Keunggulan Desa Wisata Bilebante” bagi pengurus desa wisata Bilebante di Lombok untuk mendorong pertumbuhan pariwisata maupun ekonomi di kawasan tersebut.

Kegiatan pelatihan berlangsung secara offline selama dua hari dari tanggal 16 – 17 Juli 2022 yang dihadiri oleh Kepala KCU BCA Cakranegara Indrawanto Sahama. Kegiatan inspiratif ini turut melibatkan 25 Pengurus Pokdarwis Desa Wisata Bilebante.

“Untuk dapat menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan memiliki daya saing dibutuhkan sumber daya unggul yang dapat mendongkrak pertumbuhan bisnis. Program desa wisata yang dihadirkan oleh BCA menjadi solusi bagi desa yang sedang berkembang membangun ekosistem pariwisata yang menarik. BCA pun senantiasa memberikan pendampingan untuk menumbuhkan optimisme pengurus desa dalam menciptakan sumber daya unggul. Pelatihan yang dihadirkan kali ini diharapkan mampu menghasilkan program-program wisata yang berkualitas untuk mendorong perekonomian desa juga,” ujar Indrawanto.

Dalam pelatihan “Menciptakan Keunggulan Desa Wisata Bilebante”, 25 Pengurus Pokdarwis mendapatkan beragam materi yang relevan dalam mengembangkan Desa Wisata Bilebante dari aspek bisnis. Peserta pelatihan diberikan kesadaran akan pentingnya peran mereka dalam menciptakan Desa Wisata Bilebante menjadi desa wisata yang dapat bersaing di masa kini. Kemudian, peserta juga diberi kesempatan untuk mengembangkan inovasi strategi customer experience untuk ‘menyulap’ Desa Wisata Bilebante menjadi desa wisata yang dapat memberikan pengalaman tidak terlupakan kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Dari hal-hal tersebut, diharapkan para Pengurus Pokdarwis dapat menciptakan rencana jangka panjang yang dapat mengantarkan Desa Wisata Bilebante menjadi desa wisata yang maju dan dapat memikat wisatawan.

“Sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk menciptakan Desa Wisata Bilebante menjadi desa yang maju terdepan serta memiliki daya saing. Pelatihan seperti ini memiliki manfaat yang positif dan dapat menjadi sarana terbaik untuk belajar dari banyak praktisi. Diharapkan ini dapat menjadi bekal untuk masa depan Desa Wisata Bilebante. Semoga berkat adanya pelatihan ini turut mendorong seluruh pengurus desa untuk berkontribusi lebih bagi kemajuan desa,” ujar Inge Setiawati, Executive Vice President CSR BCA

Sebagai tambahan informasi, Desa Wisata Bilebante merupakan bagian dari BCA Desa Wisata Awards yang diselenggarakan BCA beberapa waktu lalu. Pada perhelatan tersebut, Desa Wisata Bilebante berhasil meraih juara kedua untuk kategori alam. Gelaran ini menjadi sarana untuk desa wisata di Indonesia dalam mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata yang dimiliki.

“Kami yakin melalui pelatihan dan pendampingan seperti ini dapat mendorong semangat pengurus maupun masyarakat lokal desa wisata untuk menciptakan program wisata yang sustainable. Inisiatif program yang diadakan oleh BCA ini juga menjadi bagian dari perwujudan pilar-pilar Environtmental, Social & Governance (ESG). Semoga sumber daya yang unggul dapat tercipta berkat adanya pendampingan seperti ini dan menciptakan potensi bisnis yang baik,” tutup Indrawanto.(r/bul)