Siaga Darurat Kekeringan

HARI Tanpa Hujan (HTH) di NTB semakin panjang.  Itu, artinya, pemerintah daerah sejak dari sekarang mesti mengantisipasi berbagai dampak yang muncul akibat HTH ini, berupa permintaan distribusi air ke wilayah yang terdampak kekeringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB H. Sahdan, S.T., M.T., mengungkapkan, di NTB ada dua daerah, yakni Kota Bima dan Kabupaten Lombok Barat yang menetapkan status siaga darurat kekeringan. Sementara kabupaten Sumbawa sudah menetapkan tanggap darurat.

‘’Kami juga sekarang ini akan mengajukan status siaga darurat ke Gubernur. Karena, syaratnya minimal 2 kabupaten/kota untuk mengajukan status siaga darurat kekeringan ini. Ini kan sudah 3,’’ ungkapnya pada Suara NTB di Kantor Gubernur NTB, Kamis, 28 Juli 2022.

Adanya penetapan status siaga darurat kekeringan ini, tambah mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang NTB ini, menjadikan Pemprov NTB bisa mem-back up pemerintah kabupaten/kota. Alasannya, anggaran yang dipergunakan dalam membantu pemerintah kabupaten/kota mengatasi masalah kekeringan bersumber dari Bantuan Tidak Terduga (BTT).

Sekarang ini, permintaan masyarakat untuk distribusi air sudah masuk ke BPBD kabupaten/kota. Itu artinya, dalam jangka beberapa bulan ke depan, permintaan air akan semakin banyak, karena HTH juga semakin panjang. Meski demikian, dalam menangani dampak kekeringan, tidak semua diserahkan ke pemerintah provinsi, tapi yang paling utama adalah tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota.

‘’Kalau jumlah bencananya atau wilayah terdampak 10. Kabupaten menangani 8, provinsi 2. Artinya, BPBD NTB mem-back up pemerintah kabupaten/kota dalam mengatasi masalah bencana, termasuk masalah kekeringan. Artinya dengan cara seperti itu, semua permasalahan bisa diatasi dan berjalan lancar,’’ ujarnya. (ham)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...