Peringati Hari Mangrove Sedunia, DLH Kota Bima Bersihkan Perairan Teluk Bima

0
Pembersihan pesisir pantai di yang berada depan taman Amahami Kota Bima, Kamis, 28 Juli 2022.(Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima menggelar apel siaga sekaligus bersih-bersih perairan teluk Bima tepatnya di sepanjang pantai Lawata hingga di depan Terminal Pertamina Bima yang berada di Lingkungan Wadumbolo, Kamis, 28 Juli 2022.

Kepala DLH Kota Bima, Syarif Rustaman, M.AP, mengatakan gerakan bersih-bersih perairan teluk Bima yang dilakukan pihaknya memperingati hari Mangrove se dunia 26 Juli kemarin. “Selain itu juga respon atas pencemaran perairan Teluk Bima yang terjadi beberapa waktu lalu,” katanya.

Ia mengaku, gerakan bersih-bersih perairan Teluk Bima yang dipelopori atau diinisiasi oleh DLH tersebut tidak hanya sehari, namun akan berlangsung selama tiga hari, yakni mulai pada Kamis, Jum’at hingga Sabtu lusa.

“Dalam gerakan ini seluruh ASN Pemkot Bima dilibatkan. Didukung juga TNI/Polri, BUMN, BUMD, Relawan dan Komunitas Pecinta Lingkungan,” ujarnya.

Ia menambakan titik-titik yang dibersihkan di perairan Teluk Bima itu yakni sepanjang kawasan pantai Lawata dan sekitarnya yang terbagi beberapa blok dimulai dari pantai depan Taman Amahami dan Hutan Mangrove. “Hingga pantai di Terminal BBM Bima yang berada di Wadumbolo,” pungkasnya. (uki)