RSUD Tripat Ditata, Gedung SDN 1 Gerung akan Jadi Area Parkir

0
Direktur RSUD Tripat, Atmayadi saat mendampingi Bupati Lobar turun mengecek pelayanan dan lahan di rumah sakit belum lama ini. (Suara NTB/dok)

Giri Menang (Suara NTB) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tripat Lombok Barat (Lobar) tengah menyiapkan konsep penataan atau pengembangan rumah sakit. Area di depan IGD, seperti gedung sekolah SDN 1 Gerung Utara dan eks kantor kehutanan masuk dalam perencanaan.  Rencananya area itu akan dipakai untuk pengembangan landscape, taman, dan parkir kendaraan.

Plt Direktur RSUD Tripat, Atmayadi mengatakan sejauh ini lahan kantor kehutanan sudah diratakan dan ditata untuk parkir. “Tinggal SD. Rencananya itu akses masuk rumah sakit, termasuk akses ke IGD, Landscape untuk taman, dan parkiran untuk pasien poliklinik, rawat jalan, dan karyawan,” jelas dia, Rabu 27 Juli 2022 Untuk rencana pemanfaatan akses masuk dari lahan SD itu, sudah ada analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) Lalulintas sejak tahun 2021.

Nantinya, pintu parkir elektronik akan di geser di lokasi pintu masuk sehingga langsung ke drop zone IGD. Area parkir itu jelas dia cukup untuk menampung pasien maupun karyawan, karena sudah disesuaikan dengan kapasitas RSUD.

Sambil menunggu sekolah direlokasi, pihaknya sudah melakukan penataan, dan bersihkan serta tanam pohon pelindung di lahan depan IGD. Menurutnya, kalau lahan di sekolah itu sudah ditata menjadi taman, dan parkir, maka tampilan IGD akan terlihat dari jalan negara di ibu kota tersebut. Dan kedepan pihaknya juga menata parkir di jalan samping RSUD (jalan Lalu Anggrat), agar tidak ada kendaraan yang parkir sehingga sirkulasi kendaraan lancar.

Sebelumnya, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan, kalau tahun depan kemungkinan SDN 1 Gerung Utara yang ada di depan IGD RSUD Tripat sudah bisa dilakukan pemindahan. “Tahun depan untuk gedung sekolah kemungkinan sudah mulai kita relokasi, ” katanya. Sesuai perencanaan yang sudah dilakukan, pemindahan gedung sekolah disiapkan tahun 2023.

Untuk lokasi lahan pembangunan gedung sekolah yang baru sudah disiapkan oleh Pemkab Lombok Barat. “Lokasi tanahnya sudah ada, sekarang tinggal kita sosialisasikan, ” tegasnya.

Bupati mengatakan, untuk rencana pemindahan sekolah ini harus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. Karena dalam masterplan pembangunan rumah sakit Tripat kedepannya sekolah ini masuk dalam perencanaan pembangunan rumah sakit. “Lahan sekolah ini masuk dalam perencanaan pengembangan rumah sakit, ” ujarnya.

Sementara itu Kepala BPKAD Lobar, H. Fauzan Husniadi mengatakan, rencana pemindahan SDN 1 Gerung Utara sudah disiapkan lahan oleh Pemkab Lobar lokasi sekolah nantinya akan dibangun di sebelah gedung Gelanggang Olahraga (GOR) mini Tripat. “Lahannya sudah ada. Lokasinya di sebelah GOR mini, ” ujarnya. (her)