Pemilik Sapi Terjangkit PMK akan Dapat Bantuan Rp10 Juta

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah akan memberikan bantuan bagi pemilik sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Bantuan diberikan mencapai Rp10 juta untuk satu ekor sapi yang dipotong bersyarat.

Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, Dedi Supriadi membenarkan, pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian akan menyiapkan bantuan bagi pemilik sapi yang terjangkit PMK. Bantuan diberikan bervariasi. Untuk sapi yang dipotong bersyarat mendapatkan Rp10 juta, kambing Rp1,5 juta dan babi Rp2 juta.

Ditegaskan, tidak semua peternak mendapatkan bantuan tersebut. Bantuan hanya diberikan bagi peternak yang memenuhi syarat atau ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. “Tidak semua dapat. Bantuan ini khusus bagi peternak yang sapinya dipotong bersyarat karena sakit PMK,” terang Dedi ditemui di Kantor Walikota Mataram, Rabu, 27 Juli 2022.

Sapi yang dipotong bersyarat terang Dedi, adalah sapi yang sakit terjangkit PMK. Kemudian, pemotongan dilakukan mengetahui petugas dari Dinas Pertanian. Beda halnya sapi mati kemudian dipotong. Hal ini tidak masuk kriteria mendapatkan bantuan.

Dedi menyebutkan, sekira 24 ekor sapi dipotong bersyarat. Akan tetapi, pihaknya masih melakukan pendataan sekaligus memverifikasi kembali sebelum dikirim ke Pemprov NTB. “Ini sedang kita data dulu. Kalau sudah selesai baru kita serahkan ke provinsi,” terangnya.

Pemberian bantuan bagi peternak yang memiliki sapi terjangkit PMK dan dipotong bersyarat sebenarnya tindaklanjut dari hasil rapat koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pemerintah pusat rupaya menetapkan PMK sebagai bencana non alam, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus.

Terkait dengan mekanisme dan kapan penyaluran bantuan bagi peternak tersebut. Dedi mengaku,belum mengetahui secara detail. Kebijakan itu sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah provinsi sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat. (cem)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

0
Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berlangsung meriah, tak terkecuali PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang...

Latest Posts

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang...

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...