IKA Unram Bangun Gedung dan Wisma Dua Lantai

0
Sekda NTB, Rektor Unram dan Pimpinan DPRD NTB saat groundbreaking gedung IKA Unram (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB)- Impian para alumni Universitas Mataram (Unram) untuk memiliki gedung sekretariat segera terwujud. Gedung dan wisma alumni dengan dua lantai yang terletak di Jalan Pemuda Kota Mataram seluas 37 are tersebut dimulai pembangunannya, Rabu (27/7) kemarin.

Ketua Panitia Pembangunan IKA Unram, Rosiady Sayuthi mengatakan, pihaknya menargetkan lantai satu pembangunan gedung akan tuntas akhir tahun 2022 ini. Hal ini agar saat pelaksanaan ajang MotoGP, WSBK dan Kejuaraan Paralayang Internasional 2023 bisa dipergunakan.

“Alhamdulillah di kepengurusan Ibu Isvie ini, mimpi ribuan alumni untuk mewujudkan gedung IKA Unram ini bisa terwujud,” kata Rosiady.

Sementara itu, Ketua Umum PP IKA Unram, Hj Baiq Isvie Rupaeda mengaku, bantuan hibah untuk pembangunan gedung dan wisma IKA Unram kali ini diberikan pihak rektorat dengan luasan areal mencapai 37 are.

“Nantinya gedung dua lantai ini, memiliki enam ruangan Sekretariat, 80 kamar standar hotel dan ruangan ballroom dengan kapasitas 500-600 orang yang biasa dipakai oleh masyarakat umum,” ujar dia dalam sambutannya.

Ketua DPRD NTB itu, mengaku, bahwa alokasi total anggaran yang disiapkan untuk rencana pembangunan gedung dan wisma IKA Unram berjumlah Rp 8 miliar. Namun tahun ini, angkanya berjumlah Rp 3 miliar. “Tapi angka ini masih kita negoisasikan, semoga Pak Sekda yang mewakili Pak Gubernur selalu Ketua TAPD Pemprov bisa merealisasikan hal itu,” kata Isvie.

Menurut dia, keberadaan dan peran alumni dalam sebuah institusi perguruan tinggi itu sangat vital. Karena itu, keberadaannya harus diperhatikan oleh pemerintah daerah. Apalagi, jika alumni tersebut berkontribusi, maka kiprah mereka akan memiliki manfaat besar.

Ia menambahkan, gedung dan wisma alumni IKA Unram akan difungsikan untuk peningkatan skill alumni Unram. “Mohon doanya, gedung wisma ini bisa bermanfaat kedepannya. Inilah kontribusi saya untuk menunaikan janji saat awal menjadi Ketua IKA Unram,” ungkap Isvie Rupaeda.

Senada Isvie, Rektor Unram, Prof Bambang Hari Kusumo, mengaku, bangga dengan kiprah alumni IKA Unram dibawah kepemimpinan Baiq Isvie Rupaeda. Sebab, ini adalah kali pertama sejarah ikatan alumni memiliki gedung sendiri.

“Mewakili civitas akademika Unram, kami sangat bangga, karena ini sejarah pertama bagi Unram yakni, para alumni berkontribusi pada almamaternya. Makanya, kami dukung penuh dengan memberikan aset tanah untuk dijadikan lokasi pembangunannya,” kata dia.

Guru besar Fakultas Pertanian Unram itu, mengatakan, bahwa kiprah alumni perguruan tinggi di luar negeri sudah terjadi sejak lama. Ia mencontohkan, di New Zealand misalnya, beberapa hektar areal disumbangkan oleh para alumni mereka. Bahkan, di sejumlah gedungnya nama-nama alumninya terpampang di sejumlah ruangan dan gedungnya.

“Kalau saya lihat budaya alumni berkontribusi di Universitas New Zealand, adalah budaya baik yang perlu kita tiru. Ini karena jika terukir nama penyumbang alumni dalam setiap gedung dan ruangannya itu, jelas sangat diperlukan karena sejarah akan terukir dengan baik kedepannya,” jelas dia.

Terpisah, Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah yang diwakili Sekda HL. Gita Aiadi mengatakan, keberadaan IKA Unram adalah upaya untuk memperkuat silaturahmi dan bereuni dengan sesama lulusannya.Sebab, jika alumni sudah berani membangun gedung, hal itu jelas pembangunannya akan berdiri kokoh sebagai inkubasi bisnis.

“Insya Allah, dengan keberanian IKA Unram membangun gedung dan wisma kali ini, maka mau tidak mau pemerintah daerah akan membantu dan menyukseskan pembangunannya,” ujarnya (ris)