Hari Anak Nasional, Mahasiswa KKN Tematik Unram Gelar Lomba di Desa Mertak

0
Pelaksanaan lomba bagi anak-anak pada peringatan hari anak nasional yang digelar KKN Tematik Unram di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Mataram (Suara NTB) – Mahasiswa KKN Tematik Unram berpartisipasi dalam memperingati Hari Anak Nasional 2022 dengan mengadakan lomba anak-anak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Peringatan ini harus menjadi momentum yang dapat meningkatkan semangat anak dalam belajar dan berkompetisi pada usia sebayanya.

Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Tahun ini, tema Hari Anak Nasional 2022 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” untuk memberikan perlindungan, penghormatan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Ketua KKN Tematik Unram di Desa Mertak, Muh. Al-fayyadh Luhulima mengatakan, mahasiswa KKN Unram melihat kurang aktifnya kegiatan yang melibatkan anak-anak di desa ini mendorong mereka untuk mengadakan kegiatan lomba dalam rangka meningkatkan keaktifaan anak-anak sekaligus memperingati Hari Anak Nasional.

Adanya lomba ini mendapat dukungan dari pemerintah desa dan masyarakat setempat sehingga dapat dijalankan dengan baik. “Ide bagus itu, karena di Desa Mertak ini sangat jarang ada lomba apalagi untuk anak-anak” tutur Sekretaris Desa Mertak.

Lomba yang diadakan mahasiswa KKN Unram melibatkan anak-anak khususnya di Desa Mertak pada hari Minggu, 24 juli 2022 sampai Selasa, 26 juli 2022 dengan beberapa macam lomba, yaitu balap karung, sendok kelereng, sarung estafet, azan, fashion show, dan lain-lain.

“Anak-anak Desa Mertak terlihat sangat antusias yang dapat dilihat dari semangat dan jumlah anak yang berpartisipasi dalam lomba tersebut. Partisipasi masyarakat Desa Mertak juga menjadi pendorong kelancaran kegiatan lomba, dan bahkan orang tua dari anak-anak ikut hadir untuk menyemangati anak-anak mereka,” ujar Muh. Al-fayyadh Luhulima.

Keberhasilan lomba yang dijalankan Mahasiswa KKN Unram merupakan kepuasan tersendiri bagi mereka karena bisa ikut andil dalam memeriahkan Hari Anak Nasional tahun ini.

Senyum dan semangat anak-anak serta masyarakat Desa Mertak dalam berpartisipasi pada kegiatan lomba juga menjadi tolak ukur keberhasilan kegiatan. “Terima kasih buat adik-adik mahasiswa sudah mengadakan lomba ini, besar harapan kami sebagai orang tua bahwa kegiatan lomba seperti ini bisa memberikan kebahagiaan dan meningkatkan semangat anak-anak kedepannya” kata H. Selamet, salah satu orang tua dari anak-anak. (ron)