#Cari_aman Edukasi Safety Riding Bersama SMKN 1 Kuripan

0
Foto bersama usai sosialisasi edukasi tentang keselamatan berkendara di SMK Negeri 1 Kuripan.(Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Anak-anak sekolah jaman sekarang banyak yang nekat membawa kendaraan bermotor pribadi ke sekolah, dengan alasan lebih fleksibel dan tidak perlu repot menunggu di antar jemput oleh orang tua. Namun hal ini tentunya sangat bertentangan dengan peraturan lalu lintas tentang batasan umur pengendara bermotor.

Merujuk dari kondisi sosial tersebut, Astra Motor NTB selaku Main Dealer sepeda motor Honda sekaligus perusahaan otomitif pioneer yang konsen dalam kampanye #Cari_Aman tetap berkontribusi untuk masyarakat dalam hal sosialisasi keselamatan berkendara.

Sosialisasi edukasi tentang keselamatan berkendara kembali digelar di salah satu sekolah negeri yang terdapat di Kabupaten Lombok Barat, yakni SMK Negeri 1 Kuripan yang beralamatkan di jalan TGH. Abdul Hafidz No.2, Labulia, Kecamatan Kuripan menyambut baik kehadiran tim safety riding Astra Motor NTB yang dihadiri langsung oleh Satria Wiman Jaya selaku Instruktur dan Brahma Satria selaku PIC ESS & SR Inspector.

Diikuti oleh 85 orang siswa dan 3 guru pendamping, kegiatan sosialisasi keselamatan berkendara digelar secara tatap muka Selasa 26 Juli 2022 , tentunya dengan menerapkan prokes yang baik. Acara dimulai sejak pukul 09.30 – 13.00 Wita.

Para siswa yang sudah berkumpul di gedung aula mengikuti rangkaian acara sesi materi yang dibawakan mengenai 4 dasar ilmu tentang keselamatan berkendara. Diantaranya skill dasar berkendara, mengenali potensi bahaya yang dapat terjadi dijalan raya, tata tertib selama berkendara dijalan raya dan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman.

Dijelaskan oleh Satria, untuk tujuan sosialisasi ini yaitu memberikan edukasi terkait dengan keselamatan berkendara khususnya kepada pengguna jalan raya yang menggunakan sepeda motor. Acara di buka oleh perwakilan dari guru SMKN 1 Kuripan dan selanjutnya masuk ke materi Safety Riding yang dibawakan oleh Satria tentang “Pelatihan Berkendara Dasar” yang merupakan materi baru dan dalam hal ini nantinya akan di bagi menjadi 4 topik utama yaitu Awareness, Perlengkapan Berkendara, Basic Skill dan Prediksi Bahaya.

“Edukasi safety riding merupakan salah satu upaya Astra Motor untuk menggiring kebiasaan terbit berlalu lintas bagi adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah. Harapannya saat mereka pergi bersama keluarga menggunakan motor, mereka bisa menjadi duta keselamatan berkendara untuk orang-orang sekitarnya. Dengan tetap menggunakan riding gear yang aman dan sesuai standar SNI,” jelas Satria.

Aksi sosial inipun tentunya mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah yang sangat senang atas pembelajaran seputar berkendara yang aman dan nyaman bagi siswa didiknya. Semoga edukasi ini dapat berkontribusi untuk semakin menyadarkan kita semua, bahwa keselamatan itu nomor satu saat berada dijalan. Tetap waspada dan selalu #Cari_Aman dimanapun dan kapanpun. (bul)