Cakades Gelar Deklarasi Pilkdes Damai

0
Dandim 1620 Loteng, I Putu Tangkas Wiratawan memasang pita merah putih kepada Cakades saat deklarasi Pilkades damai di Mapolres Loteng Rabu kemarin.(Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Puluhan calon kepala desa (cakades) yang bakal bertarung pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 15 desa di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) tahun ini, menggelar deklarasi damai, Rabu, 27 Juli 2022. Bertempat di halaman Mapolres Loteng, deklarasi damai digelar sebagai wujud komitmen para pihak terutama cakades untuk sama-sama menjaga gelaran pilkades supaya berjalan aman, lancer serta damai tentunya.

Disaksikan Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP., Kapolres Loteng, AKBP Irfan Nurmansyah, SIK.M.M., Dandim 1620/Loteng, Letkol. Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP., serta unsure terkait lainnya, para cakades juga menandatangi surat komitmen mendukung pilkades damai, sembari mengikat kepala dengan acara pita merah putih. “Mari kita dukung dan wujud pilkades yang damai. Dengan mengedepankan etika dan moralitas yang baik,” ajak Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP.

Hal senada juga disampaikan Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP. Ia pun mengajak sekaligus menghimbau kepada seluruh cakades dan masyarakat yang desanya menggelar pilkades agar bisa bersama-sama mewujudkan pemilihan yang demokratis, damai, jujur, bebas, adil dan rahasia, serta aman dan kondusif.

Dikatakannya, keberhasilan sebuah penyelenggaraan pilkades sangat ditentukan oleh kerja sama dan koordinasi seluruh pihak. Baik itu cakades, panitia, tim pengaman serta masyarakat umum. Sehingga komitmen bersama untuk menjaga pilkades yang aman dan damai sangat penting dan harus dibangun sejak awal.

“Siapapun yang terpilih nantinya agar amanah dalam menjalankan tugasnya serta saling menghargai satu dengan yang lain. Dan, jadilah teladan di dDesa masing-masing,” sebut Tangkas mengingatkan.

Tidak kalah penting, Tangkas mengingatkan bahwa kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir. Untuk itu, penting pada pelaksanaan Pilkades 2022, masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Termasuk mempersiapkan diri dengan melakukan vaksinasi lengkap. Sehingga potensi terjadinya peningkatan jumlah kasus paparan Covid-19 bisa diantisipasi.

“Harapan saya para calon kades maupun masyarakat semuanya sudah divaksin dosis lengkap sebelum gelaran pilkades. Jadi mari momen pilkades ini kita jadikan momentum mensukseskan program vaksinasi demi percepatan penanganan pandemi di bumi Tatas Tuhu Trasna ini,” ujarnya. (kir)