BRIDA NTB dan Unram Sepakat Kolaborasi Riset

Mataram (Suara NTB) – Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi NTB bersama dengan Pascasarjana Universitas Mataram (Unram) pekan kemarin telah melakukan penandatanganan kerjasama dalam meningkatkan kualitas SDM dengan membangun inovasi pendidikan.

Kepala BRIDA NTB H. Wirawan Ahmad M.T mengatakan, pihaknya dengan Unram akan melakukan kerjasama dalam pelaksanaan riset serta pembuatan prototipe produk inovasi sesuai hasil riset yang nantinya akan dikembangkan dan diproduksi untuk masyarakat.

 Selain itu hasil riset dari kedua belah pihak juga akan diseminasi melalui forum ilmiah maupun forum pameran atau expo bagi masyarakat.

“Kita kerjasama dalam arti yang luas, karena BRIDA perlu dukungan. Sebagai institusi yang salah satu tugas utamanya adalah riset, kelemahan kita kan belum punya peneliti. Oleh karena itu kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada provinsi NTB maupun yang ada di luar itu bisa mengatasi kekurangan itu,” ujar H. Wirawan Ahmad kepada Suara NTB, Rabu, 27 Juli 2022.

Ia mengatakan, kerjasama ini akan menumbuhkan kesempatan bagi BRIDA NTB untuk belajar. Ada transformasi pengetahun dari periset-periset Unram maupun dari lembaga penelitian yang lain sehingga nanti akan lahir para peneliti yang memiliki kompetensi.

Unram dan BRIDA juga akan mentransformasi hasil penelitian itu menjadi produk-produk yang pasti, pengembangan prototipe, sertifikasi sampai dengan produk yang siap masuk ke pasar. Karena memang ekosistem inovasi itu kan dari hulu ke hilir dan mekanismenya adalah kolaborasi, secara pentahelix yaitu perguruan tinggi, media, swasta, masyarakat dan pemerintah,” ujarnya.

Ia mengatakan, BRIDA NTB sebagai penggerak ekosistem inovasi akan terus berupaya meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak guna mewujudkan ekosistem inovasi yang terintegrasi. Tanpa kolaborasi dengan dunia kampus dan stakeholder lainnya, kegiatan riset dan pengembangan inovasi dinilai kurang strategis, sehingga hal semacam ini akan terus dikembangkan.(ris)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

0
Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berlangsung meriah, tak terkecuali PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang...

Latest Posts

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang...

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...