Siswa SMPN 2 Kuripan Diberi Pelatihan Dokter Kecil dan KKR

0
Kepala SMPN 2 Kuripan H. Karnaen bersama tim Puskesmas Kuripan saat pelatihan dokter kecil bagi siswa di sekolah itu. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Sebanyak 40 siswa perwakilan SMPN 2 Kuripan  mengikuti kegiatan pelatihan dokter kecil dan pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) yang diselengarakan UPT Puskesmas Kuripan tanggal 23-25 Juli 2022 di Aula SMPN 2 Kuripan.

Bidan Pelaksana UPT BLUD Puskesmas Kuripan Nur Ismayani menjelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan siswa terhadap apa itu hak kesehatan dan reproduksi remaja. “Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menghargai hak kesehatan  reproduksi dan memberikan awasan kepekaan siswa terkait masalah  edukasi terkait anatomi tubuh Pra Remaja,” ujar Yani.

Pemaparan materi yang diharapkan dapat membuat peserta dokter kecil lebih peka terhadap kesehatan  reproduksi sejak dini, agar terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan alat reproduksi.”Siswa sekolah ini aktif bertanya terkait alat reproduksi, terutama masa haids,” katanya.

Siswi Kelas IX A SMPN 2 Kuripan Ni Putu Ari Widaci Swastini senang mengikuti kegiatan ini. Materi yang disampaikan narasumber menambah pengetahuannya tentang reproduksi remaja. Ia  menanyakan tentang kategori remaja awal, remaja tengah, dan remaja akhir. Kategori remaja awal banyak perubahan yang terjadi. “Kami ini termasuk remaja tengah. Apa yang menjadi ciri dari remaja tengah?”katanya seraya menanyakan tentang apa yang mempengaruhi kondisi kesehatan reproduksi remaja?

Kepala SMPN 2 Kuripan H.Karnaen menyambut baik kegiatan pelatihan ini. Kegiatan ini menambah pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduksi remaja.”Materi ini sangat penting bagi siswa untuk mengetahui hal-hal apa yang harus dilakukan pada saat menginjak masa remaja tengah,” katanya.(her)