Seminar DPC Wimnus, Bupati KLU Buka Peluang Pinjaman Tanpa Bunga

0
Bupati pose bersama dengan para calon pengusaha muda di sela-sela seminar, di Tanjung, Sabtu, 23 Juli 2022 (Suara NTB/ist)

DEWAN Pimpinan Cabang (DPC) Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) Kabupaten Lombok Utara, menggelar seminar kewirausahaan dengan mengangkat tema “Gali Potensi Lombok Utara, Menyambut Musim Semi Pasca Pandemi”.

Seminar yang dilaksanakan di Objek Wisata Heaven One, Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung itu, dihadiri motivator nasional sekaligus Ketua Umum DPP Wimnus, Safi’i Efendi serta Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH.

Saat membuka seminar tersebut, Bupati menyampaikan harapan besar agar dunia usaha di Lombok Utara mulai dibangkitkan oleh munculnya pelaku usaha muda. Ia melihat, masih belum banyak figur muda yang berani mengambil risiko maupun keuntungan ekonomi dari berwirausaha.

“Lombok Utara punya banyak potensi ekonomi. Kita harapkan, semakin banyak pengusaha muda yang menopang tumbuhnya perekonomian di daerah,” katanya.

Djohan mendukung seminar tersebut dikonkritkan ke dalam langkah nyata. Pihaknya sendiri, telah menyiapkan dukungan finansial bagi para pelaku usaha mikro dengan kebijakan pinjaman tanpa bunga.

Dalam membantu pelaku wirausaha, Pemda KLU mengisyaratkan akan berkerjasama dengan lembaga perbankan untuk menyalurkan kredit ke sektor usaha mikro. Untuk menunjang usaha itu, Pemda akan menanggung bunga pinjaman usaha mikro.

“Pemda yang akan membayarkan bunga pinjamannya, pelaku usaha mikro, hanya mengembalikan pokok pinjamannya saja. Untuk pinjaman ini, infonya sudah banyak pelaku usaha yang mendaftarkan diri,” tutup Djohan.

Sementara itu, pemateri nasional yang merupakan Ketua Umum Wirausaha Muda, Syafi’i Efendi, memaparkan secara detail strategi dalam menjalankan wirausaha termasuk mindset yang harus ditanamkan oleh para pelaku wirausaha muda. Ia juga memaparkan apa yang menjadi program-program unggulan Wimnus, baik dari tingkat pusat hingga daerah.

Pada prinsipnya, membangkitkan semangat wirausaha dalam upaya menciptakan wirausaha muda sebanyak-banyaknya sebagai target utama Wimnus.

Syafii Efendi menerangkan, Wimnus akan hadir sebagai mitra pelaku wirausaha, baik dari segi pelatihan bahkan membantu pelaku wirausaha mengakses jaringan seluas-luasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPC Wimnus Lombok Utara, Feri Herianto Ardi, menyebut kegiatan seminar nasional sebagai bentuk upaya bersama membangkitkan ekonomi khususnya dari sisi pelaku usaha pasca-Covid 19 yang menurunkan mobilitas ekonomi masyarakat.  Seminar merupakan langkah pertama untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya.

“Kita ingin membangkitkan gairah generasi muda untuk terjun sebagai pengusaha. Seminar ini kita harapkan akan meningkatkan keberanian, skill dan semangat pemuda untuk berusaha,” kata Feri.

Ia juga melihat, potensi yang ada di Lombok Utara sangat luar biasa. Mulai dari kekayaan akan hasil bumi, pariwisata dan sebagainya. Pihaknya antusias adanya skim pinjaman tanpa bunga yang digaungkan pemerintah, dengan harapan pinjaman itu nantinya ikut menyasar calon-calon pengusaha muda mitra Wimnus. (ari)