Peringati HAN 2022, RSUD Provinsi NTB Gelar Sejumlah Kegiatan

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun  2022, PKRS, Humas dan  KSM Anak serta Tim Medis  di ruang perawatan anak Gili Nanggu, ruang NICU dan klinik Anak RSUD Provinsi NTB mengadakan menggelar sejumlah kegiatan.

Dijelaskan Ketua Panitia HAN tahun 2022 RSUD Provinsi NTB,  dr. Linda Silvana Sari, Sp.A, kegiatan pertama yang berlangsung  21 Juli 2022 bertempat  Ruang Pediatri Gili Nanggu RSUD Provinsi NTB dilaksanakan kegiatan membaca bersama di Ruang Bermain Ruang Gili Nanggu bekerja sama dengan pustakawan dan Tausyiah Islami dengan tema ‘’Merawat Anak Sakit dalam Pandangan Islam’’.

Masih dalam rangkaian HAN, kegiatan ke dua digelar pada 22 Juli 2022. ‘’ Kegiatan diisi dengan edukasi seputar kesehatan dan perawatan bayi dan anak-anak. Karena membangun generasi sehat, sangat penting untuk kemajuan bangsa dan negara.  Tema edukasi yang diangkat juga beragam dan menarik,’’ ujar dr.Linda.

Untuk edukasi di ruang perawatan anak Gili Nanggu mengangkat tema “Gizi pada Anak” yang disampaikan oleh Ida Ayu Putu Yuni Astuti, SST. Gz dan “Pentingnya Hand Hygiene” disampaikan oleh Ns. Dwi Tambora, S.Kep.

Kemudian untuk di ruang perawatan NICU, kegiatan edukasi dengan pemateri Desak Putu Rosmalasari, AMd. Keb dengan tema ‘’Pemberian ASI dan Praktek Pemijatan pada Bayi’’.  Sedangkan edukasi di klinik anak mengambil tema “Pemberian Makan pada Bayi dan Anak : Mitos dan Fakta” yang disampaikan oleh dr. Rifa Atuzzaqiyah, M.Sc., Sp.A.

Dijelaskan dr.Linda, selain kegiatan edukasi, diberikan juga quiz dan games untuk menambah keseruan dan keceriaan anak-anak.

Rangkaian HAN tahun 2022 juga digelar lomba kebersihan dan keindahan ruangan sayang anak dilaksanakan dengan melibatkan tim penilai yang  berasal PKRS, Rawat Inap dan KSM Anak. Kriteria lomba, kekompakan dan keindahan serta kebersihan/ kerapian.

Acara puncak HAN dilaksanakan pada Sabtu 23 Juli 2022 yang dihadirioleh jajaran Direksi, Manajemen, KSM Aanak, Kepala Ruangan Gilinanggu, NICU, PICU dan Kepala Poli Anak beserta Tim.

Dalam sambutannya Wakil Direktur Pelayanan dr. Hj. Qomarul Islamiyati, Sp.KJ mewakili Direktur menyampaikan Selamat Hari Anak Tahun 2022 yang bertemakan “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Apresiasi juga diberikan kepada semua panitia dan pihak yang terlibat menyelenggarakan rangkaian peringatan HAN Tahun 2022 di RSUD Provinsi NTB. Harapannya ke depan layanan pediatric lebih maju lagi seiring dengan target Direktur meningkatkan type RS menjadi kelas A sehingga dapat berkontribusi lebih bagi masyarakat NTB.

Sementara Ketua KSM Anak RSUD Provinsi NTB dr. I Ketut  Adi Wira MsC , Sp.A (K) menyampaikan puji syukur kehadirat Tuhan YME atas terselenggaranmya peringatan HAN Tahun 2022 pasca pandemi Covid-19 ini. Apresiasi disampaikan kepada seluruh panitia dan pihak yang terlibat yang telah menginisiasi berlangsungnya acara ini.

Ke depan diharapkan peringatan HAN bisa menjadi agenda rutin tahunan dari PKRS bekerja sama dengan KSM Anak. Kegiatan HAN tahun ini ada kegiatan menarik yakni ada  literasi pada anak dan  tausiyah yang sangat penting sebagai bentuk support kepada  pasien dan keluarga. Apalagi  RSUD Provinsi NTB telah memfasilitasi rumah singgah yang diharapkan mampu menjadi wadah edukasi kepada keluarga pasca perawatan.

‘’Terima kasih disampaikan kepada Jajaran Direksi dan Manajemen atas support terhadap peningkatan pelayanan Neonatal dan Pediatric selama ini termasuk rencana layanan terpadu “obstetri –neonatal”. Harapan kami ke depan pelayanan Tim Asuhan Gizi yang melibatkan Dokter Spesialis Anak dan Ahli Gizi semakin berkembang pula dalam rangka ikut mencegah dan menurunkan angka Malnutrisi dan meningkatkan Penggunaan Air Susu Ibu (ASI),’’ ujar dr.Adi.

Acara puncak diisi pula dengan pemberian Cinderamata kasih dari Tim Medis dan Petugas Kesehatan kepada 30 pasien anak yang sedang menjalani perawatan di Ruang Gili Nanggu.

Selain itu acara puncak HAN Tahun 2022 RSUD Provinsi NTB diakhiri dengan pengumuman dan penyerahan hadiah lomba Ruang Bersih dan Sayang Anak dengan hasil, Juara I  Ruang  NICU menerima hadiah uang tunai  Rp1.5 juta. Juara 2 Ruang  PICU dengan hadiah yang diterima  Rp1 juta dan Juara 3 ada dua. Yaitu Ruang Gili Nanggu dan Poli Anak yang masing-masing menerima hadiah uang  Rp. 750.000.- (r)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...