Monitoring Rumah dan Kamar Sewaan Jadi Atensi

0
Operasi kos-kosan di wilayah Karang Pule, Kota Mataram. (SuaraNTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram  bersama  Forkopimcam melakukan monitoring kepada rumah atau kamar yang disewakan (kontrak). Upaya tersebut dilakukan untuk menjaga kondusivitas wilayah terutama kaitannya dengan penyalahgunaan narkoba.

“Operasi yang kita lakukan ini dalam rangka mensosialisasikan Perda Kota Mataram No. 2 tahun 2005 tentang tempat atau rumah yang disewakan, sekaligus mencegah penyalahgunaan narkoba,” ungkap Camat Sekarbela Cahya Samudra, kepada wartawan. Bahkan para penghuni kontrakan juga dilakukan tes urine guna memastikan tidak terlibat sebagai penyalahguna narkoba.

Dikatakannya, untuk menciptakan  masyarakat yang nyaman dan kondusif maka tim gabungan perlu melakukan kegiatan monitoring. Bahkan operasi tersebut akan digelar secara rutin untuk menekan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Bahkan pemerintah juga akan menyiapkan kartu identitas sementara bagi para penghuni kamar kos yang berasal dari luar daerah. “Selain masalah penyalahgunaan narkoba, kami juga melakukan sosialisasi terkait kartu identitas sementara agar proses pengawasan bisa lebih maksimal,” sebutnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polresta Mataram Kompol I Made Yogi Parusa Utama SE., SIK mengatakan bahwa bahaya dan dampak dari narkoba, baik sebagai pengguna maupun sebagai pengedar sangat besar. Apalagi narkoba itu dapat merusak masa depan. Karena itu pihaknya sangat berharap kepada semua penyewa rumah atau kamar untuk menjauhi narkoba. Jika tidak dilakukan secara cepat, maka dampak dari penyalahgunaan narkoba ini sangat besar bagi generasi muda ke depan.

“Narkoba menjadi atensi kita saat ini, karena tren kasusnya masih cukup tinggi terutama di kalangan usia produktif,” sebutnya. Bukan itu saja, lanjutnya bahwa operasi secara berkala seperti yang di sampaikan oleh pihak kecamatan akan rutin digelar. Hal itu dilakukan untuk memastikan penyewa bebas dari barang haram tersebut (narkoba). Pihaknya juga akan melakukan tes urine secara acak di seluruh tempat rumah dan kamar sewaan di dalam kota Mataram.

“Kami berharap kepada semua penyewa agar betul-betul waspada dengan barang yang namanya narkoba, hati-hati dengan teman yang baru dikenal, selalu waspada dengan siapapun karena bisa saja orang yang baru dikenalnya itu justru akan menjerumuskan diri kita,”tutup Yogi. (ils)