Honda ADV160 Diluncurkan, Semakin Bertenaga, Kini Layak Jadi Tunggangan Wanita

0
All New Honda ADV160

PT. Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik penjelajah New Honda ADV160 di Nusa Tenggara Barat, setelah diluncurkan di Mataram, Sabtu, 23 Juli 2022.

Selain lebih bertenaga, skutik premium ini juga mengalami banyak perubahan. Baik dari sisi performa, maupun tampilannya. Honda ADV pertama kali diperkenalkan tahun 2019 lalu, bertenaga mesin 150 cc. Jika generasi pertama tampilannya lebih identik bagi laki-laki, setelah dilakukan perubahan, ADV160 kini sangat layak dijadikan tunggangan bagi wanita.

“Segmentnya pekerja, yang suka berpetualang, untuk kebutuhan kendaraan dinas, dan perempuan. Karena tingginya sudah disesuikan dengan ukuran rata-rata orang Indonesia,” kata Kepala Wilayah Astra Motor NTB, Budi Yanto.

Beserta jajarannya, ia  membeberkan perubahan dan keunggulan generasi kedua Honda ADV ini. Selain lebih bertenaga dengan mesin baru, Honda ADV160 semakin nyaman dengan jok lebih rendah kini 780 mm, atau lebih rendah dari sebelumnya (berkurang 15 mm). Kendaraan ini juga semakin canggih berkat fitur high tech seperti HSTC (Honda Selectable Torque Control).

New Honda ADV160 mempunyai desain urban explorer yang tangguh dan kokoh. Seperti pada bodi samping belakang yang mempunyai penampang lebih lebar, dan bodi samping depan yang semakin tajam yang membuat ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas. Luas volume bagasi bertambah dengan ruang penyimpanan sebesar 30 liter (naik 2 liter) yang dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang.

Desain lampu depan dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL) yang modern. Di belakang, skutik ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor yang memiliki desain layaknya motor besar.

Windscreen yang biasa digunakan pada motor besar, tingginya dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian. Desain suspensi depan yang kokoh serta penyematan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman.

Pada bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan. Penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda.

Berdasarkan hasil tes internal, konsumsi bahan bakar 45 km/liter, sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Panel meter full digitalnya berdesain baru, memiliki layar besar dan berkesan tangguh. Pengguna kini bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer/ rpm meter) dan trip duration (elapsed time), indikator aki, indikator suhu luar (yang pertama di kelasnya), konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A dan Trip B.

Pada sisi keamanan, New Honda ADV160 telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Dilengkapi dengan USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A untuk carger handphone.

Dibekali pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic.  Selain itu, fitur ESS (Emergency Stop Signal) secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak agar pengendara dibelakang dapat mengontrol diri.

ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

New Honda ADV160 dipasarkan dengan dua tipe, ABS dan CBS dengan total 6 varian warna. Tipe ABS dipasarkan Rp 40.350.000 (On The Road Lombok), tersedia dalam tiga warna, yakni Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White.  Sementara itu tipe CBS yang dipasarkan seharga Rp 37.060.000 (On The Road Lombok), mendapat tiga pilihan warna, yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.

Astra Motor NTB menargetkan penjualan bulanan khusus Honda ADV160 ini sebanyak 140 unit hingga 200an unit. Sebelum diluncurkan, kata Budi Yanto, pesanan yang masuk sudah mencapai puluhan unit.   (bul)