Diduga Tabung Gas Bocor, Kios di Mareje Ludes Terbakar

0

Giri Menang (Suara NTB) – Kios milik warga di Dusun Pelan, Desa Mareje, Kecamatan Lembar, terbakar sekitar pukul 20.30 pada Sabtu, 23 Juli 2022. Diduga kebakaran dipicu tabung gas elpiji yang bocor sehingga menghanguskan kios beserta isinya.

Informasi yang diperoleh, pemilik kos bernama Sudi (35). Kronologis kejadiannya, awalnya Inak Sudi, istri dari korban sedang memasak air di dalam kios miliknya. Kemudian ditinggal mencari anaknya ke rumah tetanga. Pada saat kembali dari rumah tetanga, inak Sudi sudah melihat api dan asap dari dalam kiosnya yang diduga akibat bocornya tabung gas yang berukuran 3 Kg. Sehingga mengakibatkan kios milik korban dan isinya terbakar.

Isi kios berupa barang dagangan seperti sembako, cemilan anak-anak dan tabung gas kurang lebih 12 tabung berukuran 3 kg terbakar. Api dengan cepat membesar namun tidak sampai merembet kerumah korban.

Melihat kebakaran itu, dengan spontanitas korban berteriak meminta tolong dan memanggil suaminya.  Warga sekitar pun berhamburan memadamkan api. Pada saat kejadian, tercium bau gas dari lokasi kebakaran.

Sekitar pukul 21.00 wita api dapat dipadamkan dengan menggunakan alat seadanya dibantu masyarakat sekitar. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun dengan adanya peristiwa tersebut korban mengalami kerugian sekitar kurang lebih Rp20 juta.

Kadis Damkar Lobar, M. Syahlan membenarkan kejadian itu. Pihaknya pun mengingatkan kepada masyarakat, bahwa masyarakat tidak boleh meninggalkan kompor gas yang sedang dihidupkan. “Karena sangat fatal akibatnya. Masyarakat tidak boleh lalai soal api,” imbaunya.

Diakui, kejadian itu juga belum ada yang melaporkan kepada Petugas Pemadam Kebakaran. Sehingga diharapkan kepada masyarakat terutama para kepala Dusun memiliki atau menyimpan nomor kontak Darurat Pemadaman kebakaran. “Supaya lebih cepat dapat menghubungi Petugas Damkar apabila terjadi hal yang tidak diingin atau tidak diharapkan seperti kebakaran,” ujarnya.  Lebih-lebih kata dia memasuki musim kemarau kondisi angin yang agak kencang perlu diwaspadai oleh masyarakat. (her)