Bawa Miras, Dua Warga Diamankan Polisi

0
Dua tersangka kurir pembawa minuman keras yang diamankan di Polsek Praya Timur, Lombok Tengah, Minggu, 24 Juli 2022.(Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Aparat Polsek Praya Timur mengamankan dua orang warga yang kedapatan membawa minuman keras (miras) tradisional jenis tuak. Keduanya, DR (18) dan S (25) warga Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat (Lobar). Ditangkap di dua tempat berbeda, oleh personel kepolisian yang tengah melaksanakan patroli, Sabtu, 23 Juli 2022.

Kapolsek Praya Timur, Iptu Sayum, seizin Kapolres Loteng, AKBP Irfan Nurmansyah SIK, MM., Minggu, 24 Juli 2022 mengatakan, penangkapan dua warga yang diduga kurir miras tersebut berawal dari laporan warga yang resah dengan aktivitas peredaran miras di wilayah Kecamatan Praya Timur. Terlebih beberapa kali warga melihat pengantar miras melintas dengan leluasa menggunakan sepeda motor.

Sehingga pada Sabtu pagi pagi kemarin, personel Polsek Praya Timur lantas mengelar patroli. Hasilnya saat patroli di jalan raya Desa Beleka menuju ke arah Lekor, polisi mendapati DR tengah membawa miras sebanyak 30 liter yang disimpan pada empat 4 jeriken, menggunakan sepeda motor. Setelah memeriksa barang bawaanya, pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Praya Timur.

Belum puas, polisi kembali mengelar patroli. Kali ini patrol diarahkan ke wilayah Desa Ganti. Benar saja, saat di jalan raya Dusun Bebile Desa Ganti, polisi bertemu dengan satu pelaku lainnya, S, tengah membawa empat kardus di sepeda motor. Pelaku kemudian dihentikan dan barang bawaannya pun diperiksa.

Di dalam kardus besar tersebut, polisi menemukan masing-masing 12 botol besar miras jenis tuak. Sehingga total ada 48 botol besar miras yang diamankan dari pelaku kedua. Tanpa menunggu lama, pelaku bersama sepeda motor dan miras yang dibawanya langsung diamankan di Mapolsek Praya Timur.

Jadi total dari kedua pelaku, polisi berhasil mengamankan seratusan liter miras jenis tuak. “Semua barang bukti termasuk pelaku yang membawa miras sudah diamankan di Mapolsek Praya Timur untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut,” sebut Sayum.

Pihaknya berkomitmen untuk terus menggelar operasi serupa untuk menekan peredaran miras di wilayah Kecamatan Praya Timur. Warga pun diharapkan bisa membantu aparat kepolisian dengan melapor jika menemukan aparat peredaran miras diwilayahnya masing-masing. Supaya bisa segera ditindaklanjuti aparat kepolisian. (kir)