Sebelum Direlokasi, Pihak Sekolah Berharap Gedung dan Fasilitas di SDN 1 Gerung Utara Dibangun

0
Gedung SDN 1 Gerung Utara ini bakal direlokasi. Kepala SDN 1 Gerung Utara Hj Sabariah Gedung SDN 1 Gerung Utara ini bakal direlokasi. Kepala SDN 1 Gerung Utara Hj Sabariah (insert). (Suara NTB/ist). (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Pihak satuan pendidikan SDN 1 Gerung Utara Kecamatan Gerung Lombok Barat (Lobar) belum mendapatkan pemberitahuan resmi soal rencana relokasi gedung sekolah yang direncanakan mulai tahun depan. Lantaran lahan sekolah itu terkena pengembangan RSUD Tripat.

Pihak sekolah akan mengikuti kebijakan pemerintah daerah. Namun demikian, pihak sekolah berharap sebelum sekolah itu direlokasi. Pemda menyiapkan lahan relokasi lebih luas dari saat ini.

Kepala SDN 1 Gerung Utara Sabariah, S.Pd mengatakan, soal wacana relokasi sekolah itu belum ada pemberitahuan ke pihak sekolah. “Belum ada pemberitahuan ke kami, itu masih sebatas informasi dari media,” jelas dia, Kamis, 21 Juli 2022.

Masalah pasti atau tidaknya relokasi itu, pihaknya tidak tahu. Yang memastikan adalah pengambil kebijakan dalam hal ini Pemda. Pihak sekolah sejauh ini santai saja, tetap bekerja melaksanakan tugas sesuai aturan, baik kegiatan pelayanan belajar mengajar seperti biasa. “Kalau pun nanti itu (sekolah) direlokasi itu bukan tugas kami, itu tugas Pemda, tapi saran kami, kalau direlokasi perlu disiapkan lahan lebih luas. Kemudian gedung sesuai dengan kapasitas daya tampung siswa, ditambah UKS sudah dirobohkan, kantin, ruang perpustakaan, sanitasi, jamban siswa dan guru, ruang olahraga. Itu perlu dipikirkan oleh Pemda. Dan kami yakin Pemda sudah memahami semua kebutuhan,”ujarnya.

Menurutnya, kemana pun sekolah akan direlokasi. Pihak Pemda perlu memikirkan dan menyiapkan infrastruktur tersebut. Di mana saat ini ruang kelas belajar yang ada sebanyak 18 kelas. Pemda perlu menyiapkan sarana pendidikan ini lebih matang, karena ini demi penyiapan aset SDM Lobar ke depan. Sebab kebutuhan pendidikan ini tidak untuk sesaat. Apalagi dengan kurikulum merdeka saat ini, pendidikan sepanjang hayat, lingkungan itu sangat mendukung.

Untuk menciptakan SDM hebat khususnya Lobar pada 20-30 ke depan, tambahnya, perlu dipikirkan potensi masyarakat yang menyekolahkan anaknya di sekolah ini. “Sehingga semua sarana pendidikan ini harus dipersiapkan lebih matang oleh Pemda,” tambahnya.

Ia menambahkan, adanya isu relokasi sekolah itu, tidak sampai berpengaruh terhadap animo masyarakat yang menyekolahkan anaknya di SDN 1 Gerung Utara itu. Pasalnya jumlah calon murid yang mengisi formulir pendaftaran mencapai 110 anak. Dari jumlah itu, hasil seleksi dan daftar ulang sehingga terjaring 90 anak. Anak-anak siswa baru pun sudah masuk dua minggu, tiga hari pengenalan lingkungan sekolah, lalu dilanjutkan masuk kelas untuk belajar. (her)