Program Menginap di RSJ

GUBERNUR NTB Dr. H. Zulkieflimansyah mengungkapkan, jika Rumah Sakit Jiwa (RSJ) mempunyai arti khusus buat dirinya secara pribadi. Karena setelah dilantik jadi gubernur oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo, dirinya menganjurkan semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menginap di RSJ Mutiara Sukma.

Bahkan pimpinan instansi yang lain, seperti Kejaksaan Tinggi (Kejati) yang memprogramkan pimpinan kejaksaan se NTB menginap 2 malam atau 2 hari di RSJ Mutiara Sukma. ‘’Dulu juga banyak orang tertawa, ketika saya menyampaikan pendapat kenapa harus menginap di RSJ? Setelah menjelaskan alasannya harus menginap di RSJ, menjadi pertimbangan rupanya,’’ ujar gubernur saat memberikan sambutan pada launching Balai Rehabilitasi Adhyaksa di RSJ Mutiara Sukma, Jumat, 22 Juli 2022.

Acara ini dihadiri Kepala Kejaksaan Tinggi NTB Sungarpin, S.H., M.H., Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Ketua DPRD NTB H. Muzihir dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah NTB, Asisten lingkup Pemprov NTB, Inspektur pada Inspektorat NTB Ibnu Salim, Kepala Dinas Sosial Ahsanul Khalik dan Kepala Dinas Kesehatan NTB H. L. Hamzi Fikri.

Gubernur menjelaskan, ada satu buku terlaris dan terbaik dunia yang berjudul Veronica Decides to Die yang dikarang Paula Coelho yang menceritakan seorang wanita muda yang sangat cantik, anak orang kaya dan semua kebutuhan sudah dipenuhi dalam hidupnya. Namun, ujarnya, Veronica selalu merasa ada kehampaan dalam jiwanya.

Walau punya jabatan tinggi, uang banyak, tambahnya, Veronica memutuskan mengakhiri hidupnya di musim salju yang dingin dengan menenggak satu pil tidur. Namun, Veronica tidak meninggal dan ketika terbangun, Veronica mendapatkan dirinya sudah berada di RSJ. Berhari-hari dia tinggal di RSJ dan bertemu dengan perawat dan dokter yang penuh kasih rasa sayang

Waktu yang dihabiskan di dalam RSJ itu, terang gubernur, mengajarkan satu pelajaran penting, ternyata  yang gila benarannya ada di luar. Sementara di dalam rumah sakit jiwa justru bisa melakukan refleksi, sehingga dia tidak menemukan kegilaan yang banyak terjadi dalam kehidupan. ‘’Kira-kira begitu, bisa dibikin programnya Bu Wagub ya,’’ selorohnya.

Pada bagian lain, Gubernur menyambut baik keberadaan Balai Rehabilitasi Adhyaksa di RSJ Mutiara Sukma dan merupakan hadiah ulang tahun bagi kejaksaan di tahun 2022. Apalagi NTB merupakan provinsi yang cepat merespons kebijakan Jaksa Agung untuk menghadirkan tempat rehabilitasi seperti ini. Gubernur ingin orang yang menjadi korban atau pengguna dalam tindak penyalahgunaan narkotika bisa direhabilitasi, sehingga banyak generasi muda yang diselamatkan.

Beda halnya para pengguna atau korban penyalahgunaan tindak pidana narkotika dimasukkan ke lapas atau rutan dicampur dengan para bandar atau pengedar, dikhawatirkan selama berada di lapas atau rutan bukannya menjadi lebih baik, tapi semakin buruk. ‘’Jadi upaya dan jajaran Kejaksaan merespon pengguna atau korban narkotika masuk rehabilitasi sangat tepat, sehingga banyak generasi muda yang bisa diselamatkan,’’ ujarnya. (ham)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...