Pemerintah Berharap Ada Keberlanjutan Program Pendampingan PT STM

0
Siswa-siswi kelas 2 SDN 12 Huu dengan tarian kebersihannya pada pelaksanaan Edu Fair di SMPN 1 Huu, Kamis, 21 Juli 2022.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu berharap ada keberlanjutan dan perluasan program peningkatan kualitas pendidikan PT Sumbawa Timur Mining (STM). Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci kemajuan dan  investasi masa depan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan Putra Perantauan, SKM, MMKes pada kegiatan Edu Fair di SMPN 1 Huu, Kamis, 21 Juli 2022. Kegiatan yang menampilkan berbagai kemampuan siswa, hasil pendampingan untuk program peningatan kualitas pendidikan PT STM ini mendapat apresiasi dari tamu undangan.

Para siswa dari SMPN 1 Huu, SDN 12 Huu, dan MI Miftahul Jannah Daha tanpil di panggung menunjukan kemampuannya untuk atraksi budaya dan seni, ceramah, puisi, hafalan al quran hingga drama. Pada ruang pameran masing – masing sekolah, juga menampilkan hasil karya siswa dari pembelajaran berbasis proyek (PJBL) sebagai implementasi kurikulum merdeka. Hal ini sesuai tema kegiatan, “Merdeka dalam proses pembelajaran, kreatif dan inovatif dalam berkarya”.

Gatot Gunawan memberikan apresiasi kepada PT STM dengan program pemberdayaan masyarakatnya ini dan mulai memberikan hasil kepada kompetensi guru dan kemampuan serta kepercayaan diri siswa dari sekolah dampingan. “Kami berharap, ini (program kegiatan) bisa berkelanjutan dan lebih banyak lagi (sekolah didampingi),” harapnya.

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi keharusan untuk bisa mencapai kemajuan dan kesuksesan di masa akan datang. Peningkatan kualitasn pendidikan menjadi tugas dan taanggungjawab semua pihak. Tidak hanya oleh pemerintah, tapi juga masyarakat dan stake holder lainnya untuk sama – sama bahu membahu. “Kurikulum merdeka belajar membutuhkan dan memudahkan guru dan siswa lebih fleksibel dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Tentu ini diberi ruang yang seluas – luasnya untuk berkreasi dan berinovasi,” ungkapnya.

Saputra Alamsyah, Coordinator Comdev PT STM pada kesempatan yang sama menyampaikan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kehidupan bertransformasi masa depan dengan masyarakat di tempatnya beroperasi. Perusahaan mengusung pembangunan berkelanjutan. Semua program pemberdayaan, harapannya berlanjut. “Ketika kita ada keberlanjutan program pemberdayaan yang kami lakukan saat ini, pembangunan manusianya yang kami sasar terlebih dahulu,” katanya.

Program peningkatan dan pendampingan bidang pendidikan, tidak hanya pada guru sekolahnya, tapi juga sistem dan manajemen di sekolah. Jika sebelum 2019 perusahaan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan, tida tahun terakhir fokus pada pengembangan profesional guru dan kepala sekolah di kecamatan Huu.

Edu Fair ini sebagai puncak dari kegiatan pendampingan selama 2 tahun terakhir pada SDN 12 Huu, MI Miftahul Jannah, dan SMPN 1 Huu. “Tapi harapannya, tidak hanya sampai di sini kegiatan yang kita lakukan. Kegiatan ini tentunya tidak akan bisa sukses seperti ini tanpa dukungan semua pihak,” jelasnya.

Sebagai penutupan program EQUIP, managemen PT STM memberikan apresiasi berupa cinderamata kepada Dinas Dikpora Kabupaten Dompu yang diterima kepalanya, Drs H Rifaid, M.Pd, dan Kementerian Agama Kabupaten Dompu oleh Drs. H. Syahrir, M.Si.

Kanaka Fundation selaku konsultan pelaksana program pengembangan pendidikan juga memberikan cinderamata kepada PT STM yang diterima Coordinator Comdev PT STM, Saputra Alamsyah. Penghargaan juga diberikan kepada guru dan kepala sekolah untuk peserta terbaik selama kegiatan pendampingan. (ula)