Unram Wisuda 1.216 Orang Lulusan Periode Juni 2022

0
Rektor Unram Prof. Bambang Hari Kusumo (kedua dari kiri) saat memberikan ucapan selamat kepada wisudawan periode Juni 2022, Kamis, 21 Juli 2022.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Wisuda Universitas Mataram (Unram) periode Juni 2022 meluluskan sejumlah 1.216 mahasiswa yang terdiri atas 1 orang doktor, 77 orang magister, 909 orang sarjana, dan 229 orang ahli madya di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Unram pada Rabu, 20 Juli 2022 dan Kamis, 21 Juli 2022.

Dari 909 sarjana tersebut, sebanyak 182 orang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 150 orang dari Fakultas Pertanian, 21 orang dari Fakultas Peternakan, 124 orang dari Fakultas Hukum, 281 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 56 orang dari Fakultas Teknik, 1 orang dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6 orang dari Fakultas Kedokteran, 27 orang dari Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, dan 61 orang dari Program Studi di bawah Rektor.

Tercatat sebesar 10,76% wisudawan/wisudawati program sarjana memperoleh predikat Cumlaude. Sedangkan dari 77 orang wisudawan/wisudawati program Magister 27,50% memperoleh predikat Cumlaude.

Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., mengapresiasi kerja keras wisudawan/wisudawati, dan memberikan ucapan selamat kepada para orang tua yang hadir. Dalam pidatonya, Prof. Bambang menekankan agar para lulusan Unram harus mampu beradaptasi, mengembangkan diri, berinovasi serta siap dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dan tantangan masa depan yang terus meningkat seiring dengan kemajuan IPTEK.

“Seperti yang diprediksi oleh World Economy Forum bahwa pada tahun ini tahun 2022 akan terjadi kehilangan 75 juta pekerjaan. Namun, akan muncul pekerjaan baru dari hasil perkembangan teknologi sebanyak 133 juta pekerjaan. Aneka pekerjaan baru tersebut mudah dilihat di sekitar kita, di antaranya adalah para YouTuber, Gojek, Grab, Shopee, BukaLapak, Tokopedia, Traveloka, financial technology, dan lain-lain. Lulusan Universitas Mataram yang dididik menjadi pembelajar andal akan mampu beradaptasi bahkan menangkap peluang pada ekosistem baru tersebut,” jelas Prof. Bambang.

Ia juga mengungkapkan wisuda bukanlah akhir dari proses belajar bagi lulusan Unram, namun merupakan langkah awal untuk mengamalkan ilmu yang telah didapatkan di kampus Unram. Guru Besar Fakultas Pertanian itu berpesan agar para lulusan Unram dapat menggunakan ilmu mereka untuk membantu masyarakat, dunia usaha, dunia industri, pemerintah, dan mitra lainnya dalam menyelesaikan permasalah dan tantangan yang semakin kompleks di masa depan.

“Lulusan Unram harus mampu kreatif menjadi pencipta lapangan kerja terlebih di era digital ini. Peluang menciptakan lapangan kerja sangat terbuka luas, terutama dengan memanfaatkan teknologi digital untuk ide-ide kreatif dan inovatif. Karena itu para wisudawan/wisudawati harus memiliki hard skill dan soft skill yang dilengkapi dengan jiwa leadership dan kepribadian yang kuat,” ucapnya. (ron)