Pengembalian Bantuan Bidikmisi Harus Tuntas Bulan Juli

0
Ilustrasi uang (pxhere)

Mataram (Suara NTB) – Ombudsman perwakilan NTB, memberikan batas waktu bagi Kampus yang belum mengembalikan uang Bidikmisi kepada yang berhak paling lambat di Bulan Juli. Jika tidak, maka upaya lanjutan tetap akan ditempuh, apalagi di petunjuk pelaksanaannya juga tidak dibolehkan adanya pemotongan apapun alasannya.

“Dari enam kampus yang melakukan pemotongan, saat ini tinggal satu kampus yang belum menyelesaikan dan terhadap mereka kita berikan waktu paling lambat di akhir bulan Juli sudah tuntas,” ungkap Kepala asisten pemeriksaan laporan Arya Wiguna, kepada wartawan. Sementara untuk kampus yang lain ada yang sudah selesai mengembalikan ada juga yang masih terus berposes.

Dikatakannya, adanya pemotongan terhadap bantuan ini tentu sangat disayangkan. Meskipun dengan alibi kampus sebagai salah satu bentuk pemerataan terhadap mahasiswa lain yang dianggap layak mendapat bantuan. Tetapi pada prinsipnya alasan tersebut hanya dianggap sebagai pembenaran saja terhadap apa yang telah dilakukan.

Pihaknya tetap mendesak agar persoalan ini bisa segera diselesaikan. “Tidak ada alasan pembenaran terkait pemotongan yang dilakukan Kampus, karena di aturannya sudah jelas tidak boleh dilakukan pemotongan,” sebutnya. Sementara itu, berdasarkan keterangan dari Kampus lambatnya proses pengembalian terjadi lantaran data mahasiswa penerima yang sudah selesai kuliah masih sulit ditemukan.

Kendati demikian, pihaknya meminta agar kampus bisa segera menuntaskannya. Jangan jadikan persoalan tersebut sebagai alasan, karena pada saat uang tersebut dipotong juga dilakukan tanpa pemberitahuan. “Tidak ada alasan lagi mereka menunda pengembalian, karena pada saat penyaluran bantuan tersebut tidak ada satupun aturan yang membolehkan mereka untuk memotong haknya mahasiswa,” tegasnya. (ils)