Jemaah Haji Asal KSB Dalam Kondisi Sehat

0
Abidin Nasar (tengah) bersama puluhan jemaah haji KSB lainnya saat wukuf di Arofah.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Jemaah haji asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dilaporkan hingga saat ini seluruhnya dalam keadaan sehat. Pasca mengikuti rangakaian ritual inti haji, 68 jemaah asal KSB itu kini tengah menunggu jadwal kepulangan ke tanah air pada tanggal 2 Agustus mendatang.

Informasi mengenai kondisi para jemaah haji KSB itu disampaikan oleh wakil ketua DPRD KSB, Abidin Nasar. Di mana ia menjadi salah satu  jemaah yang berangkat memenuhi rukun islam kelima tersebut pada tahun ini. “Alhamdulillah 68 jemaah haji Sumbawa Barat saat ini dalam keadaan sehat dan telah melaksanakan rangkaian inti ibadah haji pada tanggal 8-13 Dzulhijjah 1443 H dengan lancar,” terang abidin via WhatsApp kepada media ini, Selasa malam.

Abidin menjelaskan, sambil menunggu jadwal kepulangannya. Ia bersama jemaah lainnya kini tengah melaksanakan rangkaian ibadah ke Masjidil Harom hingga tanggal 24 Juli. Dan selanjutnya akan bergerak ke Madinah untuk menjalankan ibadah arbain di Masjid Nabawi. “Di Madinah menjadi perjalanan terakhir kami dan setelah itu kami yang tergabung di kloter 2 embarkasi LOP akan  diterbang ke tanah air,” urainya.

Masih dalam whatsapp-nya, Abidin selanjutnya memberi gambaran terkait perjalanan para jemaah KSB selama melalui ritual inti haji. Menurut politisi PKS ini, para jemaah KSB tetap menjaga kebersamaan dan kekeluargaan. Saling membantu antara jemaah sehingga seluruhnya bisa melaksanakan seluruh rukun dan wajib haji dengan maksimal. “Jadi biar suhu di Makkah mencapai 42-50 derajat celcius dan itu berat bagi kita orang Indonesia. Kita tetap semangat,” paparnya.

Selanjutnya ia menambahkan, pasca kegiatan ritual haji para jemaah juga memanfaatkan waktunya untuk berziarah. Beberapa lokasi ziarah yang telah dikunjungi jemaah KSB seperti Jabal Rohmah lokasi pertemuan Nabi Adam dan istrinya Hawa, Jabal Tsur tempat beristrahatnya Rasulullah dan Abu Bakar saat Hijrah ke Madinah dan ke Jabal Nur atau Gua Hiro tempat Rasulullah menerima wahyu pertama. “Insyaallah perjalanan kami selama di tanah suci ini sangat bermakna” ujarnya seraya meminta doa agar kepulangan para jemaah KSB nanti berjalan lancar.

“Mohon doa seluruh masyarakat KSB kami selamat sampai ke desa darat (kampung halaman),” tulis abidin.(bug)