SMAN 1 Gerung Tumbuhkan Perilaku Positif Siswa saat MPLS

0
Kegiatan baris berbaris saat MPLS di SMAN 1 Gerung.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – SMAN 1 Gerung menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru Kelas X mulai Senin, 18 Juli 2022 sampai dengan Kamis, 21 Juli 2022. Kegiatan MPLS yang disyaratkan jauh dari perpeloncoan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenali potensi peserta didik baru, membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya. Juga menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif, mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah, serta menumbuhkan perilaku positif.

Pembukaan MPLS di SMA Negeri 1 Gerungl dilaksanakan dalam Upacara Bendera pada hari Senin, 18 Juli 2022 yang dihadiri peserta didik kelas X dan XI, dewan guru, karyawan, dan komite sekolah.

Dalam acara seremonial, Ketua Komite Sekolah, Lalu M. Dul Rifai, S.Sos., mewakili orang tua, menyerahkan para siswa baru kepada pihak sekolah dan diterima oleh Kepala SMAN 1 Gerung, Ismail, M.Pd. Peserta didik baru, diwakili oleh dua soswa baru untuk penyematan tanda peserta MPLS.

Kepala sekolah langsung bertindak sebagai pembina sekaligus menyambut para peserta didik baru. “Keberuntungan menjadi peserta didik di SMAN 1 Gerung harus disyukuri dengan menunjukkan prestasi-prestasi yang kalian nukilkan nantinya,” kata H. Ismail

Dalam empat hari pelaksanaan MPLS di SMAN 1 Gerung ini, para siswa baru memperoleh materi, Keagamaan (Duha & Kultum), pembinaan mental dan disiplin, pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan tata tertib sekolah, pengenalan sistem belajar, dan gerakan bercita-cita. Setelah menjalani MPLS selama lima hari, diharapkan siswa baru lebih siap dan nyaman untuk mengikuti KBM nantinya.

Sudah menjadi tradisi bentuk penyambutan di awal masuk sekolah peserta didik baru SMAN 1 Gerung melaksanakan kegiatan MPLS. Ismail mengatakan, kegiatan MPLS selain mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru, mereka juga akan memiliki teman baru dan guru baru yang akan menjadi satu kesatuan dalam lingkungan sekolah.

Untuk mewujudkan pendidikan karakter yang bersifat keagamaan, peserta didik diarahkan untuk melaksanakan Salat Dhuha bersama dilanjutkan ceramah keagamaan dan ini merupakan bagian yang wajib dilaksanakan di SMAN 1 Gerung

“Pemberian materi ini sebagai pembinaan mental yang paling utama dalam karakter religi,” ujar Ismail.

Pendidikan karakter yang perlu dimiliki siswa yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

“Kami berharap, dengan kegiatan MPLS ini dapat terlahir anak bangsa dari SMAN 1 gerung yang mampu bersaing dan menorehkan prestasi baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional,” ujar Wakasek Kesiswaan, Ahmad Yani, S.Pd.

MPLS di SMAN 1 Gerung juga diisi dengan kegiatan pembinaan karakter disiplin melalui kegiatan baris berbaris oleh TNI/Polri kepada para siswa baru.  Baris berbaris dilaksanakan secara keseluruhan baik siswa laki-laki maupun perempuan. Tujuannya penanaman karakter baik di diri siswa bisa terlaksana.  Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan Basket Smanger dengan para pelatih dari TNI dan Polri

Sebelum mengikuti baris-berbaris peserta didik harus datang ke sekolah untuk presensi di lapangan. Perbekalan pribadi disiapkan, mengenakan kaos olah raga dan bertopi serta tidak boleh datang terlambat. (ron)