Simpan Potensi Bencana, Aktivis Lingkungan Minta Sirkuit Motocross Lantan Ditutup

Praya (Suara NTB) – Aktivitas lingkungan mengingatkan ada ancaman bencana alam yang cukup besar dari keberadaan sirkuit motocross Lantan, Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Mengingat, area yang saat ini menjadi lokasi sirkuit motocross tersebut, dulunya merupakan daerah penyangga dan resapan air hujan yang kaya akan rerumputan dan pepohonan. Tapi kini kondisinya sudah gundul. Kalau pun masih ada pepohonan, tapi tidak sebanyak kondisi awal dulu.

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) pun didesak segera mengembalikan fungsi area sirkuit motocross tersebut ke fungsi semula. Caranya, dengan menghijaukan kembali dan menutup sirkuit motocross Desa Lantan. Karena bagaimanapun kawasan tersebut kawasan hutan yang harus dilindungi. Kalau tidak maka alam akan menjawab dengan caranya sendiri.

“Dua kali kejadian banjir yang melanda warga sekitar sirkuit motocross beberapa waktu lalu bisa dipastikan itu berkaitan dengan keberadaan sirkuit motocross. Artinya, ini bisa menjadi pertanda awal bahwa ada ancaman bencana besar dengan keberadaan sirkuit ini kedepan,” ujar Maya Yuliana Soeripto, dari Portir Indonesia Internasional, saat berbincang dengan Suara NTB, Selasa, 19 Juli 2022.

Dikatakannya ada ancaman bencana lebih besar, karena dengan kondisi musim kemarau dengan intensitas hujan yang tidak terlalu sering saja bisa memicu banjir. Apalagi nanti ketika musim penghujan tiba, di mana hujan bisa turun setiap hari dengan intensitas yang tinggi bisa memicu banjir yang lebih besar lagi. Ujung-ujungnya masyarakat sekitar yang jadi korban.

Ia pun mengaku sebelum pembangunan sirkuit motocross tersebut dilaksanakan pihaknya sudah memprediksikan akan ancaman bencana alam yang ada. Dan, terbukti benar banjir terjadi yang sebelum-sebelumnya belum pernah terjadi di Desa Lantan. Utamanya masyarakat di sekitar sirkuit motocross.

‘’Dengan logika awam saja, potensi bencana alam sudah bisa diprediksikan dengan keberaaan sirkuit motocross ini. Karena yang dirusak hutan yang memang menjadi pelindung dan area resapan air. Meski areanya tidak terlalu luas. Tapi dampaknya cukup besar,” terang Maya dengan nada geram.

Menurutnya, bencana alam yang terjadi itu merupakan jawaban atas pesan yang tidak diindahkan. Jadi ketika alam dirusak, maka alam akan menjawab dengan caranya sendiri. Salah satunya melalui bencana alam.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang (PUPR) Loteng, L. Rahardian mengaku sudah menurunkan tim untuk melakukan survey di area sirkuit motocross Desa Lantan. Survey dilakukan untuk melihat pola penanganan yang seperti apa yang diperlukan untuk meminimalisir dampak keberadaan sirkuit motocross. Termasuk menghitung rencana kebutuhan anggaran perbaikan sirkuit tersebut.

Mengingat, beberapa area di sirkuit motocross Lantan kondisinya sekarang rusak akibat hujan deras yang turun sekitar sepekan yang lalu. Akibatnya tanah diarea sirkuit amblas dan menerjang belasan rumah warga yang ada disekitar sirkuit. “Tim sudah turun Senin kemarin dan sekarang sedang melakukan perhitungan kebutuhan anggaran penanganan sirkuit,” terangnya. (kir)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...