Polisi Tertibkan Jukir Tanpa Izin

0
Penertiban Jukir tanpa izin di Mataram. (SuaraNTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sat Binmas Polresta Mataram, Dishub dan Pol PP, menertibkan sejumlah juru parkir (Jukir) yang tidak mengantongi izin. Upaya itu dilakukan guna menekan terjadinya kebocoran pendapatan dari retribusi parkir serta hal yang tidak diinginkan lainnya.

“Sengaja kita lakukan penertiban, karena kami menduga banyak jukir yang tidak mengantongi izin (ilegal),” ujar Kapolresta Mataram melalui Kasat Binmas Kompol Tauhid SH, kemarin. Bahkan pada saat penertiban dilakukan petugas gabungan mengamankan enam orang diduga pelaku jukir liar.

Adapun mereka yang tidak memiliki izin resmi yakni M, W, R, dan KS, dengan lokasi parkir di Cemara, Monjok Mataram.  Kemudian R, lokasi pangkal parkir Sayang Sayang dan T, lokasi pangkal parkir di Gerung Butun. Mereka semua kemudian dibawa dan diamankan ke kantor Sat Binmas Polresta Mataram untuk diberikan pembinaan.

Jika mereka tidak kunjung melengkapi izin dan terjaring razia, maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas sesuai aturan berlaku. “Kita lakukan pembinaan terlebih dahulu jika mereka tetap mengulangi baru akan berikan tindakan tegas,” sebutnya. Dia menekankan supaya para Jukir senantiasa mentaati peraturan perundang- undangan berlaku. Terutama kaitannya dengan masalah pengurusan ijin parkir di Dinas Perhubungan Kota Mataram.

Selain itu mereka juga diminta untuk  berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat, terutama keamanan kendaraan masyarakat yang diparkir di tempat kerjannya. “Apabila juru parkir tidak mengurus izin, mereka akan  melanggar Perda No 07 tahun 2015 tentang pengelolaan parkir. Untuk itu, kami berharap agar mereka segera mengurus izin di Dinas Perhubungan,” pungkasnya. (ils)