Kurikulum SLB Vokasi Diperkuat Lewat Penjajakan Pendistribusian Karya Siswa

Mataram (Suara NTB) – Kurikulum Sekolah Luar Biasa (SLB) vokasi akan diperkuat. Salah satunya dengan pendistribusian hasil karya siswa SLB. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB melakukan penjajakan kepada konveksi untuk pendistribusian karya siswa.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus Dinas Dikbud NTB, Hj. Eva Sofia Sari, S.Pd.,M.Pd., mengatakan, pihaknya melakukan penjajakan ke pihak industri, antara lain bidang konveksi seperti menjahit tas, tempat HP dan lain-lain dari kain perca untuk suvenir.

“Penjajakan ini untuk mendistribusikan hasil karya batik pada artshop tersebut untuk menjadi  salah satu pilihan oleh-oleh bagi wisatawan,” ujarnya.

SLB vokasi mengacu pada kurikulum SLB yang lebih menekankan pada pendidikan keterampilan. “Bertujuan agar selepas dari sekolahnya nanti ABK atau PDPD memiliki modal untuk lebih mandiri, sehingga ke depannya tidak menjadi beban bagi keluarga atau masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

Eva juga menyampaikan, dengan adanya keterampilan tersebut, para siswa bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Untuk menyelaraskan pelaksanaan SLB vokasi, maka bidang Pembinaan PK-PLK Dinas Dikbud NTB akan berkolaborasi dengan Bidang Pembinaan SMK yang juga melaksanakan pendidikan vokasi.

Menurut Eva, ada 20 item keterampilan ditawarkan Direktorat Pendidikan Khusus terkait SLB vokasi. Namun, sekolah hanya mengakomodir keterampilan yang sesuai dengan keadaan sekolah dan kebutuhan siswanya.

Sebelumnya, Kepala SLBN 2 Mataram, Winarna menyampaikan, SLB vokasi sebenarnya sudah termuat dalam kurikulum 2013 yang terdiri dari beberapa keterampilan pilihan. “Yang mana SMALB tersedia 26 jam mengajar tersedia untuk pelajaran keterampilan,” ujarnya.

Winarna mengatakan, untuk realisasi dari program SLB vokasi itu tetap disesuaikan dengan jenis kekhususan siswa atau ketunaan siswa dan juga kompetensi yang dimilikinya. “SLBN 2 akan berusaha mewujudkan hal itu dan akan bermitra dengan SMK dan dunia usaha dan dunia industri yang lain,” ujarnya. (ron)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

0
Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19 Agustus 2022, wisatawan kelahiran Israel berkebangsaan Portugal meninggal terjatuh di ketinggian 150 meter dari Puncak...

Latest Posts

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...

Dispora NTB Usulkan Porprov NTB Ditunda

Mataram (Suara NTB) - Rencana KONI NTB menggelar Pekan...