Festival Taliwang Masuk Menu Event DPSP Mandalika 2022

0
Fud Syaifuddin. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Festival Taliwang sebagai brand promosi pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) masuk dalam event Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang ditetapkan pemerintah pusat tahun 2022 ini.

Sesuai keputusan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Marves), festival yang digelar dalam rangkaian memeriahkan harlah KSB setiap tahunnya itu masuk dalam menu DPSP Mandalika NTB. “Minggu lalu ibu Wagub ikut Rakor yang dipimpin menteri Marves, pak Luhut soal program prioritas pariwisata nasional. Dan beliau sampaikan ke kita bahwa Festival Taliwang masuk di menu DPSP Mandalika,” sebut Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, Selasa, 19 Juli 2022.

Kesempatan itu, kata Wabup tidak akan disia-siakan. Sebab itu dirinya akan memerintahkan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) untuk segera berkoordinasi dengan Dispar NTB dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekaf) guna memperjelas penunjukan tersebut. “Harus cepat ya karena kalau ikut jadwal biasa kita menghelat Festival Taliwang di bulan November. Artinya waktu kita sedikit untuk melakukan persiapan,” sebutnya.

Salah satu yang perlu dipastikan, kata Wabup mengenai pembiayaannya. Apakah masuknya Festival Taliwang dalam menu DPSP Mandalika secara otomatis mendapatkan kucuran dukungan pembiayaan atau tidak. “Kalau ada back up anggarannya seperti apa mekanismenya. Kan informasi yang kita dapatkan DPSP itu dananya triliunan,” timpalnya.

“Tapi terlepas dari itu kami memang sangat berharap Festival Taliwang kemudian digelar tahun ini,” sambung Wabup.

Untuk diketahui, Festival Taliwang terakhir digelar 2019 lalu. Di tahun 2020 meski ditetapkan masuk dalam agenda pariwisata nasional, kegiatannya batal digelar akibat pandemi Covid-19. (bug)