Era Digitalisasi, Kinerja ASN Mesti Ditingkatkan

0
H. M. Juaini Taofik (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, semua pihak, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu untuk mengantisipasinya. Bahkan, menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur (Lotim), H.M. Juaini Taofik era saat ini tidak bisa ASN bekerja dengan cara biasa. Kinerja harus ditingkatkan terus menerus dan tetap mengikuti aturan standar.

“Kita tidak bisa bekerja dengan cara biasa-biasa,” ungkap Sekda dalam acara sosialisasi e-katalog lokal dan on boarding katalog lokal di Rupatama Lotim, Selasa, 19 Juli 2022.

Selain itu, tambahnya, sekarang ini sudah tidak berlaku lagi cara-cara konvensional. Semua diarahkan ke digitalisasi. Jajaran Pemkab Lotim sendiri sampai batas akhir input data melalui Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN).  Seluruh kegiatan belanja modal melalui e-katalog  Pemda Kabupaten Lotim sudah mencapai 100 persen.

Kinerja Lotim dalam hal ini cukup bagus. Sekda juga menyampaikan serapan DAK Lotim yang hampir mencapai Rp 320 miliar berada pada angka 98% lebih. Angka itu disebutnya sudah tinggi.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 yang diubah menjadi Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021 terkait pengadaan barang dan jasa, harus ada partisipasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai penyedia barang dan jasa.

Karena itu, Sekda berharap agar pelaku UMKM yang hadir dapat mengikuti sosialisasi itu dengan baik. Teknik dan keterampilan harus ditingkatkan, termasuk pemahaman aturan pelaksanaannya.

Sekda minta Ddinas terkait seperti Dinas Perindustrian, maupun  Dinas Koperasi dan UKM dapat memberikan pembinaan kepada UMKM agar dapat berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa di daerah. (rus)