Penularan PMK, Tingkat Kesembuhan Hewan Meningkat

Mataram (Suara NTB) – Tingkat kesembuhan hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kota Mataram, meningkat. Kebutuhan vaksin dinilai mendesak untuk mengurangi risiko paparan. Dinas Pertanian kembali meminta tambahan vaksin ke pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, Dedi Supriadi menyampaikan, jumlah kasus PMK pada hewan ternak yang ditemukan mencapai 615 kasus. Akan tetapi, tingkat kesembuhan hewan ternak di Kota Mataram relatif tinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya, yakni 80-90 persen atau sekitar 504 hewan ternak sembuh. Sisanya hanya 10 persen atau 111 ekor sapi yang masih proses penyembuhan. “Alhamdulillah, kita tingkat kesembuhannya sudah mencapai 90 persen,” kata Dedi dikonfirmasi usai menghadiri rapat tim pengendali inflasi daerah di ruang Kenari kantor Walikota Mataram, Senin, 18 Juli 2022.

Salah satu pemicu tingginya tingkat kesembuhan adalah, pemberian vaksin pada hewan ternak. Pihaknya mendapatkan jatah 200 dosis vaksin dari pemerintah pusat yang didistribusikan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB. Jatah vaksin itu dinilai tidak cukup, sehingga kembali diajukan tambahan vaksin untuk hewan ternak lainnya.

Vaksin yang diterima sebelumnya langsung dilakukan penyuntikan. Pasalnya, vaksin tidak boleh terlalu lama karena kedaluwarsa. “Jatah yang 200 paket dosis tidak cukup. Sekarang ini, kita kembali ajukan tambahan,” terangnya.

Langkah antisipasi penularan lainnya adalah, rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kandang, pemberian vitamin, obat-obatan, serta meminta peternak rutin membersihkan kandang.

Dedi meminta masyarakat tidak perlu panik mengkonsumsi daging. Tingkat kesembuhan hewan ternak terutama sapi relatif tinggi. Di samping itu, pemerintah juga telah menjamin kesehatan hewan yang disembelih di rumah potong hewan. “Masyarakat jangan terlalu panik mengkonsumsi daging sapi. Tidak mungkin orang menjual sapi yang sakit,” demikian kata dia. (cem)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

0
Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berlangsung meriah, tak terkecuali PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang...

Latest Posts

Meriahkan Hari Kemerdekaan, BRI Rangkul Pelaku UMKM dalam “BRILian Independence Week” 

Jakarta (suarantb.com) Perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 yang...

Asyik Swafoto Wisatawan Kelahiran Israel Tewas Terjatuh dari Puncak Rinjani

Selong (Suara NTB)-Sekitar pukul 05.30 Wita, Jumat tanggal 19...

JNE Raih 2 Penghargaan Bergengsi Kriteria Pelayanan Pelanggan

Jakarta (Suara NTB) -Kinerja maksimal dalam seluruh aspek yang...

Yuk Belajar Cara Pengiriman Uang ke Luar Negeri yang Mudah & Murah

Pengiriman uang ke luar negeri di zaman serba digital...

Kado Kemerdekaan ke 77 RI, Sistem Transmisi Bima-Sape Operasi Penuh

Mataram (suarantb.com)- Tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan...