Ismak Subardan Dilantik sebagai Rektor Universitas 45 Mataram

0
Ketua Yayasaan 45 Mataram, H. Anas Amrullah (kanan) melantik Ismak Subardan, S.Pd., M.H., sebagai Rektor Universitas 45 Mataram (Upatma) masa bakti 2022-2026.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  Ismak Subardan, S.Pd., M.H., resmi dilantik sebagai Rektor Universitas 45 Mataram (Upatma) masa bakti 2022-2026 pada Senin, 18 Juli 2022 di Balai Sangkep kampus Universitas 45 Mataram. Ia dilantik oleh Ketua Yayasaan 45 Mataram, H. Anas Amrullah.

Ketua Yayasaan 45 Mataram, H. Anas Amrullah menyampaikan, pelantikan rektor ini sesuai mekanisme statuta Universitas 45 Mataram yang mengatur masa jabatan rektor minimal empat tahun. Proses pemilihan rektor dilakukan melalui proses terbuka yang kewenangannya ada di yayasan.

Pihaknya berharap rektor baru bisa melanjtukan program yang sudah dibuat rektor sebelumnya. Selain itu bisa mengimplementasi visi Upatma yaitu Menjadi Pusat Akademis dan Kewirausahaan Bereputasi Global dalam Mewujudkan Tanggung Jawab Sosial.

Foto bersama pengurus Yayasan 45 Mataram dan civitas akademika universitas 45 Mataram usai pelantikan di Bale sangkep Universitas 45 Mataram

“Artinya lulusan Universitas 45 Mataram harusnya ketika dia lulus tidak lagi jadi beban pemerintah. Kita harus memberikan solusi lebih awal, mahasiswa bukan hanya pencari kerja tapi pencipta lapangan kerja,” harap Anas.

Di samping itu, Anas berharap rektor bisa membangun tim yang solid sehingga bisa menemukan keunggulan baru dari Universitas 45 Mataram.Dengan begitu diharpakan bisa bersaing di tengah kompetisi dengan perguruan tinggi lainnya.

“Tentunya kami dari Yayasan selalu mendukung, buka ruang dikusi untuk mewujdukan tujuan Universitas 45 Mataram,” ujar Anas.

Ia mengungkapkan, proses pemilihan Rektor Universitas 45 Mataram sudah sejak enam bulan. Mulai dari tahap pembukaan pendaftara, verifikasi, dan pemilihan. Ismak Subardan menggantikan rektor sebelumnya, Hamid, S.P., M.Si.

Rektor Universitas 45 Mataram, Ismak Subardan, S.Pd., M.H., mengatakan, setelah dilantik, ia akan membangun komunikasi dengan semua pihak yang ada di yayasan, yang terdiri dari Dewan Pengawas, Dewan Pengurus, dan Dewan Pembina. Setelah itu, ia akan membangun komunikasi di internal Universitas 45 Mataram.

“Ada wakil rektor, dekan, kepala lembaga lainnya, dan lainnya. Kita semua bangun komunikasi, kalau sudah terjalin komunikasi harmonis, perjalanan apapun yang disiapkan untuk mencapai visi dan misi, bisa berjalan seiring dan seirama sesuai statuta yayasan,” harapnya.

Ismak mengatakan, dalam waktu dekat ia akan menyiapkan struktur kepimimpinan dan jabatan di Universitas 45 Mataram. Setelah struktur terbentuk, barulah akan dilakukan rapat perdana untuk menyusun program mencapai visi Universitas 45 Mataram.
“Ke depan yang pertama kami lakukan, menyambungkan apa yang diamanhkan di statute itu, visi misi itu. Bersama melaksanakan itu di Unversitas 45 Mataram,” ujarnya.

Diakuinya cukup banyak tantangan yang harus dihadapi dalam memimpin Universitas 45 Mataram terutama menjadi perguruan tinggi swasta yang diminati masyarakat. Ke depan, pihaknya mengedepankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya dari sisi penelitian. Dosen didorong menghasilkan penelitian yang bisa meningkatkan peringkat kampus.

Dari sisi pelayanan juga menjadi fokus Ismak. Mahasiswa Universitas 45 Mataram dari latar belakang beragam. Pihaknya akan melayani dengan hati yang ramah dan suka cita.

“Kenyamanan mahasiswa belajar harus kita betul-betul akomodir. Lembaga mempersiapkan sarana belajar yang representatif. Bagaimana nanti suasana kampus bersih, asri, walau kampus sederhana. Kami juga sudah memiliki Pusat Data dan Informasi untuk melaksanakan perkuliahan dan sistem secara daring,” jelas Ismak yang sebelumnya menjabat Dekan Fakultas Hukum Universitas 45 Mataram.

Pelantikan dihadiri juga oleh pihak yayasan, jajaran civitas akademik Universitas 45 Mataram, mahasiswa, dan tamu undangan lainnya. (ron)