Bobol Atap Rumah, Pelaku Curat Diringkus

0
Barang hasil curian saat dilakukan rilis di Polsek Pagutan. (SuaraNTB/ils)

Mataram (Suara NTB) – Polsek Pagutan, mengamankan satu dari tiga orang pelaku pencurian pemberatan (Curat) yang kerap meresahkan di wilayah setempat. Pelaku yang diketahui berinisial SA (25) tersebut tidak bisa berkutik ketika  diamankan tim Resmob di rumahnya di wilayah Timrah, Iingkungan Pegesangan Barat, Kota Matatam.

“Terduga pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara,” ujar Kapolsek Pagutan Iptu I Putu Sastrawan SH, kepada wartawan, Senin, 18 Juli 2022. Sedangkan untuk tiga orang pelaku lainnya masih terus dilakukan pencarian dengan identitas yang sudah dikantongi.

Berdasarkan keterangan terduga, pencurian yang dilakukan tersebut dilakukan dengan cara memanjat pagar dan masuk melalui atap. Setelah masuk, terduga pelaku kemudian  mencongkel jendela untuk bisa  mengeluarkan barang hasil curian mereka. Adapun barang hasil curiannnya berupa satu unit sepeda, gitar akustik, dan satu unit kompor gas. “Kalau kita melihat dari cara terduga pelaku mengambil barang curian tersebut kami mengindikasikan bahwa pelaku ini merupakan spesialis pencurian di rumah kosong karena sudah dilakukan di tiga lokasi berbeda,” sebutnya.

Hasil curian tersebut dijual di wilayah Jempong dengan harga yang sangat murah. Untuk sepeda dayung pelaku menjual seharga Rp150 ribu dan kompor Rp100 ribu. Uang hasil tersebut kemudian digunakan untuk membeli minuman keras dan berjudi. Polisi juga masih terus melakukan pengembangan terkait kasus tersebut karena masih ada tiga orang lainnya yang masih dicari. Bahkan saat ini identitasnya juga sudah dikantongi untuk kemudian dilakukan penangkapan. “Identitas pelaku yang lain sudah kita kantongi, kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap aksi pencurian terutama saat rumah ditinggal kosong,” tukasnya. (ils)