Suplai Air saat MotoGP, Progres Pembangunan SPAM Pengga Capai 80 Persen

0
Aktivitas pembangunan fasilitas pompa dan sarana pendukung SPAM Pengga, di area Bendungan Pengga, Sabtu, 16 Juli 2022. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Pembangunan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Pengga sampai saat ini masih terus berjalan dengan progres sudah mencapai sekitar 80 persen. Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara (NT) I menargetkan proyek senilai Rp 132 miliar tersebut tuntas pada bulan Oktober mendatang. Dengan begitu, SPAM Pengga sudah bisa menyuplai kebutuhan air bersih untuk perhelatan event MotoGP tahun 2023 mendatang.

Ditemui Suara NTB, di lokasi pembangunan SPAM Pengga Desa Plambik, Sabtu, 16 Juli 2022, Kepala BWS NT I, Dr. Ir. Hendra Ahyadi, MT., mengatakan, sejauh ini pembangunan SPAM Pengga masih on schedule, sehingga pihaknya optimis proyek tersebut bisa tuntas sesuai tenggat waktu yang ada.

“Kita optimis, Oktober mendatang proyek SPAM Pengga selesai. Jadi saat event MotoGP mendatang, suplai air bakunya sudah dari SPAM Pengga,” jelasnya.

Ia mengaku memang ada sedikit kendala dalam penyelesaian proyek pendukung kawasan The Mandalika tersebut, terutama dalam proses pemasangan pipa. Karena pihaknya perlu berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) maupun dengan BPJN NTB. Lantaran sebagian lokasi pemasangan pipa menggunakan badan jalan.

Panjang pipa yang harus dipasang mencapai 24 km. Ada yang melalui jalan kabupaten, ada juga yang melalui jalur by pas Mandalika, sehingga butuh koordinasi dan komunikasi dengan pihak terkait, untuk memastikan proyek tetap berjalan lancar.

“Pekerjaan terbesar dari proyek ini berupa pemasang pipa. Kalau untuk fasilitas pendukung lainnya, hampir tidak ada persoalan. Tapi secara umum proyek masih on schedule,” terangnya.

SPAM Pengga dibangun dengan kapasitas produksi mencapai 200 liter per detik. Yang nantinya akan menyuplai kebutuhan air bersih untuk kawasan The Mandalika dan sekitarnya. Tidak hanya untuk kebutuhan air bersih hotel dan fasilitas wisata lainnya. Tetapi juga untuk masyarakat umum. Dengan begitu, masyarakat di lingkar kawasan The Mandalika yang selama ini kesulitan air bersih, ke depan tidak lagi kesulitan utuk memperoleh air bersih.

“Selain pemasangan pipa, pekerjaan yang saat ini masih berjalan berupa pembangunan fasilitas pompa dan sarana penunjang lainnya di area Bendungan Pengga,” tandas Hendra. (kir)